Dark/Light Mode

Tumbuhkan Rasa Peduli Lingkungan

Relawan Nelayan Ganjar Ajak Warga Lampung Tanam Pohon Mangrove

Kamis, 9 November 2023 05:15 WIB
Relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Komunitas Nelayan Pesisir KNP Lampung mengajak warga Desa Sebalang, Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, untuk peduli lingkungan dengan menanam pohon mangrove di pantai Sebalang. (Foto: Ist)
Relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Komunitas Nelayan Pesisir KNP Lampung mengajak warga Desa Sebalang, Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, untuk peduli lingkungan dengan menanam pohon mangrove di pantai Sebalang. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Komunitas Nelayan Pesisir (KNP) Lampung mengajak warga Desa Sebalang, Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, untuk peduli lingkungan dengan menanam pohon mangrove di pantai Sebalang.

Koordinator Wilayah KNP Lampung Miftahul Lutvi mengatakan, kegiatan penanaman pohon mangrove ini sebagai bentuk KNP Lampung terhadap ekosistem yang ada di Desa Sebalang.

“Bentuk kepedulian kami terhadap ekosistem laut, atau peduli lingkungan yang diimplementasikan dengan penanaman pohon mangrove bersama warga-warga di Desa Sebalang,” ujar Lutvi usai kegiatan penanaman pohon mangrove, Rabu (8/11/2023).

Tak hanya untuk menjaga ekosistem laut di Desa Sebalang, Lutvi menuturkan penanaman pohon mangrove sebagai upaya mencegah terjadinya abrasi di pantai yang ada di sana.

Baca juga : Relawan Mak Ganjar Lampung Gelar Kelas Memasak Pindang Ikan

Adapun abrasi adalah suatu proses alam yang berupa pengikisan tanah di daerah pesisir pantai yang disebabkan oleh ombak dan arus laut yang sifatnya merusak. 

“Jadi memang penanaman mangrove kami nilai sebagai bentuk solusi kongkrit untuk penanggulangan bencana tersebut seperti abrasi,” tuturnya.

Sementara itu, Fitriyansyah warga Desa Sebalang yang juga sebagai nelayan menyambut baik kegiatan penanaman pohon mangrove oleh KNP Lampung.

“Kalo menurut saya sebagai warga pesisir dan seorang nelayan alhamdulillah bagus menanam pohon mangrove untuk menahan abrasi laut pasang dan ombak besar,” ucap Fitriyansyah.

Baca juga : Relawan Santri Ganjar Jateng Salurkan Puluhan Ribu Liter Air Bersih

Lantaran kegiatannya sangat positif, Fitriyansyah berharap para relawan dari Ganjar Pranowo ini bisa terus membuat kegiatan yang bermanfaat bagi warga.

“Harapan saya jangan sampai di sini saja dan seterusnya dilanjutkan saja karena wilayahnya di pesisir,” kata Fitriyansyah.

Senada, Ida warga Desa Sebalang merasa senang karena bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan menanam pohon mangrove yang diselenggarakan oleh KNP Lampung.

“Senang banget karena kita bisa menanam pohon mangrove dan peduli dengan lingkungan. Semoga kegiatan ini jangan sampai di sini aja,” ucap Ida.

Baca juga : Relawan Usbat Ganjar Bersihkan Tanah Pemakaman Wakaf Di Medan

Dalam kegiatan penanaman pohon mangrove yang diselenggarakan oleh sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam KNP Lampung diikuti oleh ratusan warga Desa Sabalang. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.