Dark/Light Mode

Presiden Jokowi Resmikan PLTS Terapung Terbesar Se-Asia Tenggara Di Cirata

Kamis, 9 November 2023 12:34 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers di kompleks PLTS Cirata. (Foto: YouTube/Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers di kompleks PLTS Cirata. (Foto: YouTube/Sekretariat Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata 192 MWp di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, pada hari ini, Kamis (9/11).

Dalam acara tersebut, Presiden menyampaikan bahwa pembangunan PLTS Terapung ini merupakan wujud dari upaya membangun energi baru terbarukan dalam skala besar. 

PLTS Terapung Cirata adalah salah satu pembangkit listrik tenaga surya terapung terbesar di Asia Tenggara dan menempati peringkat ketiga di dunia.

Baca juga : Besok Diresmikan Presiden, Ini Profil PLTS Terapung Cirata

"Saya gembira dan bangga melihat PLTS Terapung di Cirata ini telah selesai, ini hasil kerja sama Kementerian ESDM, Kementerian BUMN bersama PLN dan kolaborasi dengan kekuatan dunia, yaitu Masdar dari Uni Emirat Arab," ungkap Presiden.

Selain itu, Presiden juga menyoroti pentingnya penggunaan teknologi yang tepat untuk mengatasi tantangan cuaca dalam pemanfaatan energi baru terbarukan. 

Jokowi menekankan bahwa PLTS Terapung Cirata tidak hanya menggunakan tenaga surya, tetapi juga memiliki pembangkit angin. Dalam hal ini, ia menekankan bahwa pembangunan smart grid sangat penting untuk menjaga ketersediaan listrik yang stabil, meskipun cuaca berubah-ubah.

Baca juga : Pertamina-Polri Temukan Gudang Ilegal BBM Subsidi Di Pati

"Kita bisa bangun solusinya dengan transmission line dan yang nantinya setiap potensi EBT di Sumatra, di Kalimantan, dan Sulawesi bisa kita salurkan ke pusat-pusat ekonomi," lanjutnya.

Di sela-sela pidato, Presiden menyampaikan apresiasi atas kerja sama bilateral antara Indonesia dan Uni Emirat Arab.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Menteri Perdagangan Luar Negeri Uni Emirat Arab Dr. Thani bin Ahmed al Zeyoudi, atas investasi yang telah dilakukan di Indonesia. 

Baca juga : Presiden Jokowi Minta Penyelenggara Pemilu Jaga Suhu Politik Kondusif

Selain itu, Presiden juga menitipkan salam hangat dan terima kasih kepada Putra Mahkota Mohammad bin Zayed dan keluarganya, atas dukungan dan kerja sama antar negara.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :