Dark/Light Mode

Menuju Indonesia Hijau

Sahabat Sandiaga Dulur Galuh Babarengan Ganjar Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar

Jumat, 10 November 2023 12:13 WIB
Acara pelatihan budidaya ikan air tawar dan pembagian benih ikan gurame dan nila yang diadakan oleh Sahabat Sandiaga Dulur Galuh Babarengan Ganjar telah mengambil langkah signifikan menuju Indonesia Hijau. (Foto: Ist)
Acara pelatihan budidaya ikan air tawar dan pembagian benih ikan gurame dan nila yang diadakan oleh Sahabat Sandiaga Dulur Galuh Babarengan Ganjar telah mengambil langkah signifikan menuju Indonesia Hijau. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Acara pelatihan budidaya ikan air tawar dan pembagian benih ikan gurame dan nila yang diadakan oleh Sahabat Sandiaga Dulur Galuh Babarengan Ganjar telah mengambil langkah signifikan menuju "Indonesia Hijau." Program ini menggarisbawahi pentingnya perubahan menuju lingkungan yang lebih berkelanjutan dan berwawasan hijau.

Kegiatan berlangsung di Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (9/11/2023). 

Pelatihan ini bukan hanya teori, tetapi juga mencakup tindak lanjut melalui "Indonesia Hijau," dengan tujuan memungkinkan peserta untuk mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh dalam usaha mereka.

Ketua Sahabat Sandiaga Dulur Galuh Babarengan Ganjar Ciamis, H. Kusnadi (H. Akaw), dengan tegas mengungkapkan, 'Indonesia Hijau' ini merupakan salah satu langkah konkret dan penting dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan ketahanan pangan. 

Baca juga : Hadapi Era Digital, Relawan Ganjar Milenial Gelar Pelatihan Videografer

"Disini bukan hanya pelatihan, jadi ada tindak lanjutnya melalui program Indonesia Hijau, jadi bagaimana para peserta ini jadi ada tindak lanjut untuk melakukan usahanya," kata H. Akaw. 

Dalam konteks ini, acara pelatihan ini tidak hanya tentang budidaya ikan, tetapi juga tentang mengubah cara berpikir masyarakat. 

"Sebatas kita memelihara ikan, tanpa kita sadari, kita juga membantu program pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan melalui program gizi. Itu adalah salah satu cara kita mendorong masyarakat Indonesia untuk menjadi lebih cerdas dan maju melalui 'Indonesia Hijau," ungkap H. Akaw.

Dengan semangat yang berkobar, dukungan massif dari masyarakat di wilayah Ciamis terus mengalir untuk memperkuat Ganjar-Mahfud. Keyakinan akan kepemimpinan tercermin dalam komitmen untuk meraih bagian dari 11 juta suara, mencerminkan kepercayaan akan visi dan dedikasi pasangan Ganjar-Mahfud.

Baca juga : Relawan Pandawa Ganjar Gelar Kegiatan Tentang Kesehatan Mental Di Semarang

"InsyaAllah untuk mendukung kemenangan Ganjar-Mahfud di wilayah kami sudah tidak diragukan lagi untuk menciptakan 11 juta suara. InsyaAllah apa yang diharapkan untuk kemenangan pak Ganjar-Mahfud bisa tercapai," ungkap H. Akaw. 

Wawan Hendiawan, salah satu peserta pelatihan, menegaskan, harapannya agar kegiatan ini terus berlanjut dan memberikan peluang kepada anak muda untuk terlibat dalam budidaya ikan.

"Saya maunya kegiatan ini terus berkesinambungan supaya bisa terus. Dari kegiatan ini InsyaAllah kalau kita berhasil, sukses, kita bisa mengajak anak muda untuk ikut membudidaya ikan," kata Wawan.

"Semoga ini terus berlanjut dan kami mendukung Pak Ganjar dan Pak Mahfud mudah-mudahan memenangkan menjadi presiden dan masyarakat kecil ada kemajuan ekonomi," lanjut Wawan. 

Baca juga : Relawan Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Menenun Bersama Warga Desa Towale

Acara ini mencerminkan semangat kolektif dalam menciptakan Indonesia yang lebih hijau, berkelanjutan, dan ramah lingkungan. Pelatihan budidaya ikan air tawar dan pembagian benih ikan gurame dan nila bukan sekadar kegiatan pertanian biasa, melainkan bagian integral dari perubahan menuju Indonesia yang lebih hijau dan lestari.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.