Dark/Light Mode

Dubes Indonesia Untuk Swedia Promosi Keindahan Budaya Dan Nusantara

Sabtu, 4 November 2023 06:51 WIB
Dubes Kamapradipta Isnomo (kanan) bersama pemenang lomba kontes foto dalam acara Indonesia Cultural Night 2023. (Foto KBRI Stockholm)
Dubes Kamapradipta Isnomo (kanan) bersama pemenang lomba kontes foto dalam acara Indonesia Cultural Night 2023. (Foto KBRI Stockholm)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Stockholm, Swedia, mempromosikan keindahan dan keberagaman budaya Nusantara lewat Indonesian Cultural Night 2023 yang digelar di Folk Mat & Möten, Malmo, Jumat (27/10).

Indonesian Cultural Night 2023 dihadiri 200 tamu undangan yang terdiri dari kalangan pengusaha, pejabat pemerintah, diplomatik, akademisi, hingga mahasiswa.

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Swedia Kamapradipta Isnomo menyampaikan, promosi budaya dan komoditas kopi merupakan cara terbaik dalam memperkenalkan Indonesia dan meningkatkan people to people contact.

Baca juga : Latihan Gamelan Jelang Peringati Sumpah Pemuda

“Selain itu, pilihan kota Malmo untuk promosi budaya sangat tepat mengingat Malmo merupakan kota besar yang multikultur dan pusat berbagai perusahaan dan universitas yang terkenal di Swedia yang berbatasan dengan Denmark,” ujar Dubes Kama dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/10).

Ketua Dewan Kota Malmo Carina Nilsson menyambut positif kegiatan tersebut. Dia menilai, Indonesian Cultural Night 2023 dapat menjadi jembatan bagi pertukaran budaya antara Swedia dan Indonesia.

Menurutnya, semboyan Indonesia, Unity In Diversity (Bhinneka Tunggal Ika) dapat diterapkan juga di Malmo, mengingat Malmo adalah kota dengan masyarakat multikultur yang sangat terbuka. Tidak hanya terhadap ide-ide baru dan kegiatan bisnis, namun juga terhadap orang-orang dengan berbagai latar belakang yang berbeda.

Baca juga : Dukung Indonesia Maju, Berani Pupuk Toleransi Umat Beragama

Indonesian Cultural Night dimulai dengan Fika Reception, yakni momen para tamu dapat saling berinteraksi sembari menikmati jajanan khas Indonesia dan merasakan suguhan teh dan kopi Gayo unggulan Indonesia yang disiapkan oleh roastery lokal Swedia.

Lalu, acara dimulai di dalam aula pertunjukan Folk Mat & Möten yang menyuguhkan elatase keragaman budaya Indonesia melalui tari-tarian tradisional serta pertunjukan musik gamelan.

Berbagai tari tradisional seperti tari Medley Wonderful Indonesia, Tari Tor-tor, Tari Janger, Tari Jaipong, Tari Kipas, dan Burung Enggang ditampilkan Bagusforeningen yang merupakan asosiasi persahabatan Swedia-Indonesia yang berdomisili di Kota Malmo.

Baca juga : Dubes Indonesia Untuk Ukraina Peringati Hari Sumpah Pemuda Di Tengah Konflik

Selain itu, penampilan musik gamelan yang dipersembahkan Bilawa Ade Respati yang merupakan seniman Indonesia yang saat ini sedang berkiprah di Eropa. Bilawa dan tim menampilkan dua pertunjukan, yakni gamelan klasik dengan instrumen mini￾malis dan gamelan kontemporer yang mampu membius para tamu undangan.

Acara ini dimeriahkan oleh lomba kontes foto yang disponsori oleh sebuah maskapai internasional dan Wonderful Indonesia Travel. Pemenang akan mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Indonesia.

Malam budaya Indonesia tersebut berlangsung meriah dan terdapat beberapa pengunjung yang hadir menyatakan ketertarikannya untuk mengunjungi Indonesia setelah menyaksikan keragaman dan keunikan budaya Indonesia tersebut. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.