Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lestarikan Budaya Traditional

Relawan Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Menenun Bersama Warga Desa Towale

Senin, 6 November 2023 14:21 WIB
Pelatihan menenun yang digelar relawan Srikandi Dukung Ganjar Sulawesi Tengah mendapatkan apresiasi luar biasa dari para peserta. (Foto: Ist)
Pelatihan menenun yang digelar relawan Srikandi Dukung Ganjar Sulawesi Tengah mendapatkan apresiasi luar biasa dari para peserta. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatihan menenun yang digelar relawan Srikandi Dukung Ganjar Sulawesi Tengah mendapatkan apresiasi luar biasa dari para peserta. 

Bahkan, salah seorang peserta bernama Geby menilai pelatihan itu sangat bermanfaat untuk melestarikan kekayaan budaya yang ada di Desa Towale. 

Hal itu diungkapkan Geby usai mengikuti pelatihan menenun dari Srikandi Ganjar di Desa Towale, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah pada Minggu (5/11/2023). 

Baca juga : Relawan Pandawa Ganjar Bawa Bantuan Air Bersih Di Gunung Kidul

"Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kita perempuan mahasiswa. Banyak belajar mengenai tenun ini sangat bermanfaat, menarik buat kita," ujar Geby. 

"Manfaatnya bisa melestarikan budaya yang ada di sini. Juga dengan adanya pelatihan tenun ini bermanfaat juga buat pemuda di sini supaya bisa belajar mengenai tenun ini supaya bisa dilestarikan turun temurun kepada anak muda yang lainnya," lanjut dia. 

Mahasiswa berusia 23 tahun itu mengaku tertarik mengikuti pelatihan guna mengisi waktu luangnya di hari libur dengan hal-hal yang bernilai positif. Apalagi ini merupakan kali pertama Geby terjun langsung untuk terlibat dalam proses menenun. 

Baca juga : Relawan Kowarteg Ganjar Gelar Senam Bugar Ceria Bersama Warga Gubeng Surabaya

Meski terlihat belum begitu lihai dalam memasang benang dan pencucukan, Geby tetap menikmati serunya belajar menenun dengan sekelumit prosesnya yang agak rumit. 

Dia berharap tenun khas Desa Towale ini lebih dikenal lagi di masyarakat luas baik di tingkat nasional maupun internasional. Kemudian, pangsa pasar konsumen peminat tenun tersebut makin banyak guna meningkatkan perekonomian warga sekitar. 

"Harapannya itu bisa dikenalkan ke masyarakat luas, bukan cuma di Towale saja tapi daerah lainnya," kata Geby. 

Baca juga : Relawan Gelar Wisata Religi Dan Ziarah Ke Makam Keramat Priok Dan Empang Bogor

Pada kesempatan itu, sukarelawan juga menyosialisasikan sosok capres-cawapres 2024 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Menanggapi itu, Geby mengaku sangat terinspirasi dari sosok Ganjar yang merupakan pekerja keras dalam berusaha menggapai impiannya. 

"Pak Ganjar itu baik banget, kita banyak belajar dari Pak Ganjar. Sosoknya yang pekerja keras dan bisa jadi contoh anak muda. Semoga Pak Ganjar dan Pak Mahfud bisa menjadi presiden dan wakil presiden di tahun 2024," pungkas Geby. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.