Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pelatihan Melinting Tembakau

Relawan Ganjar Creasi Bantu Ciptakan Tenaga Kerja Terampil Di Malang

Minggu, 12 November 2023 06:09 WIB
Loyalis calon presiden capres Ganjar Pranowo menggelar pelatihan melinting tembakau keretek di CV Esto Cigarette, Jalan Sidomukti, Desa Wandanpuro, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, Jatim, Sabtu (11/11/2023). (Foto: Ist)
Loyalis calon presiden capres Ganjar Pranowo menggelar pelatihan melinting tembakau keretek di CV Esto Cigarette, Jalan Sidomukti, Desa Wandanpuro, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, Jatim, Sabtu (11/11/2023). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Generasi Alumni Muda Universitas Brawijaya (UB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Airlangga (Unair) yang tergabung dalam sukarelawan Ganjar Creasi (G-Creasi) turut menciptakan tenaga kerja terampil dengan menggelar sejumlah program yang mengasah kemampuan warga di Jawa Timur (Jatim).

Kali ini, loyalis calon presiden (capres) Ganjar Pranowo tersebut menggelar pelatihan melinting tembakau kretek di CV Esto Cigarette, Jalan Sidomukti, Desa Wandanpuro, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, Jatim, Sabtu (11/11/2023).


Koordinator Ganjar Creasi Jatim Sutriyadi menyatakan tembakau kretek sebagai salah satu komoditas unggulan di daerah tersebut. Jadi, dibutuhkan banyak tenaga kerja.

"Pelatihan ini melinting tembakau. Tembakau ini salah satu komoditas unggulan di Jawa Timur, khususnya Kabupaten Malang," ungkapnya.

Baca juga : Relawan Ganjar Sejati Beri Edukasi Pengobatan Alternatif Dengan Metode Bekam

Karena itu, melalui pelatihan tersebut, Ganjar Creasi turut menyiapkan sumber daya manusia yang terampil agar bisa terserap di perusahaan tembakau kretek.

"Kegiatan yang dilaksanakan di Kabupaten Malang ini memberikan keterampilan bagi peserta untuk nantinya bisa diserap untuk kebutuhan tenaga kerja," ucapnya.

Untuk mendukung program tersebut, Ganjar Creasi menggandeng sebuah CV tembakau kretek yang membutuhkan tenaga kerja linting.

"Kami bekerja sama dengan CV. Dengan adanya kolaborasi ini, mengadakan pelatihan, mereka diberi bekal keterampilan. Nantinya, akan kami siapkan menjadi tenaga kerja di CV ini," ungkap pria yang akrab disapa Yadi itu.
 
Dalam pelatihan ini, relawan tersebut menghadirkan trainer untuk mendukung jalannya pelatihan ini.

Baca juga : Relawan Ganjar Creasi Gelar Nonton Timnas U-17 Bareng Pemuda Di Lamongan

Dewi Maryam sebagai trainer mengatakan dirinya mempraktikan dan mencontohkan cara melinting tembakau kretek agar para peserta terampil dan dibutuhkan dalam dunia kerja.

"Kami melakukan pelatihan linting tembakau. Rata-rata dari pemula. Untuk mengajarkan mereka bagaimana linting yang seharusnya biar mereka punya skill minimal cara melinting sehingga ini bisa menjadi bekal mereka untuk mencari pekerjaan," ungkapnya.

Perempuan yang juga memiliki usaha di bidang tembakau kretek ini pun berharap jika pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menang dalam kontestasi Pilpres 2024, kesejahteraan tenaga kerja linting tembakau makin lebih diperhatikan.

"Saya berharap Pak Ganjar terpilih sebagai presiden Indonesia 2024. Beliau juga memperhatikan tenaga linting tembakau di Indonesia. Beliau bisa menyediakan program atau menggolkan aspirasi dari buruh linting agar sejahtera," katanya.

Baca juga : Relawan Ganjar Creasi Adakan Pelatihan Mesin Bubut Di Jatim

Sejumlah peserta yang ikut dalam program ini akan terus dibina sampai menjadi tenaga kerja unggulan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.