Dark/Light Mode

15 November Memperingati Hari Apa Di 2023? Ada HUT Palestina Hingga HUT Marinir

Rabu, 15 November 2023 11:29 WIB
Ilustrasi kalender bulan November. Tanggal 15 November memperingati hari apa di 2023? Berikut ini ulasannya. (Unsplash.com/Maddi Bazzocco)
Ilustrasi kalender bulan November. Tanggal 15 November memperingati hari apa di 2023? Berikut ini ulasannya. (Unsplash.com/Maddi Bazzocco)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada sejumlah peristiwa penting dan bersejarah diperingati setiap tanggal 15 November 2023. Baik di dalam maupun di luar negeri. Berikut ini ulasan tanggal 15 November memperingati apa saja di tahun 2023.

Dua peringatan penting yang akan diulas adalah Hari Kemerdekaan Palestina dan HUT Korps Marinir di Indonesia.

Yuk baca selengkapnya di bawah ini:

HUT Palestina

Negara Palestina dideklarasikan oleh Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) saat dalam pengasingan di Algiers, Aljazair 15 November 1988 silam.

Baca juga : Tanggal 10 November 2023 Hari Apa? Berikut Peristiwa Penting Yang Pernah Terjadi

Deklarasi tersebut menetapkan Yerusalem Timur sebagai ibu kota negara. Saat ini, hampir 70 persen anggota PBB mengakui Palestina sebagai negara yang independen.

Meskipun begitu, eksistensinya masih tidak diakui dalam Perjanjian Oslo. Tantangan untuk mencapai kemerdekaan sejati tetap besar.

Pemukiman ilegal Israel, pendudukan, dan pengepungan terus berlanjut, menyebabkan konflik dan pengungsian ribuan warga Palestina.

Sebagaimana serangan udara besar-besaran Israel ke wilayah pemukiman Gaza sejak awal Oktober lalu. Penjajah Israel telah menewaskan 11.240 warga Palestina, dengan 7.800 orang diantaranya adalah perempuan dan anak-anak.

Baca juga : 2 November Hari Apa? Ada Hari Arwah Hingga Hari Balet, Berikut Sejarah Penting

Selain itu, lebih dari 29.200 lainnya luka-luka, menurut angka terbaru dari otoritas Palestina.

HUT Marinir

Korps Marinir TNI AL Indonesia merayakan ulang tahun ke-78 pada 15 November 2023. Didirikan di Tegal, Jawa Tengah, pada 15 November 1945, korps ini mengalami transformasi signifikan sejak zaman penjajahan Belanda. 

Dari peran utama serangan laut ke darat hingga restrukturisasi terbaru melalui rencana strategis 2015-2019, korps ini bukan hanya memiliki warisan sejarah yang kuat, tetapi juga terus berkembang sebagai pilar pertahanan Indonesia. Pada 9 Oktober 1948, Korps Marinir dilebur menjadi Korps Komando Angkatan Laut (KKO AL). 

Namun, pada 1975, kembali berganti nama menjadi Korps Marinir, memainkan peran strategis dalam sejarah perjuangan nasional, dari Pasukan Pendarat 45 hingga konfrontasi Ganyang Malaysia.

Peristiwa Penting Lain Hari Ini Dalam Sejarah:

Baca juga : 29 Oktober 2023 Hari Apa Saja? Ada Hari Stroke Hingga Hari Kucing Lho

- 2006: Al Jazeera English diluncurkan sebagai saluran berita 24 jam berbahasa Inggris yang dimiliki dan dijalankan oleh Al Jazeera Media Network berbasis di Doha, Qatar.

- 1956: Elvis Presley membuat debut filmnya dengan "Love Me Tender," sebuah musikal hitam-putih yang dibintangi oleh penyanyi Amerika yang kadang-kadang disebut sebagai Raja Rock and Roll.

- 1949: Pembunuh Mahatma Gandhi, Nathuram Godse, Narayan Apte, dan 6 rekan konspirator lainnya dihukum mati di penjara Ambala. Pada 30 Januari 1948, Godse yang tidak puas dengan akomodasi Gandhi terhadap Muslim India menembak Gandhi saat ia sedang berdoa malam.

- 1920: Liga Bangsa-Bangsa bertemu untuk pertama kalinya. Majelis Umum organisasi internasional ini berkumpul setelah didirikan pada Januari 1920 sebagai respons terhadap Perang Dunia I. Liga ini diamanatkan oleh negara-negara anggota untuk menjaga perdamaian di dunia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.