Dark/Light Mode

16 Oktober memperingati Hari Apa? Ini Daftar Perayaan Di Indonesia Dan Dunia

Senin, 16 Oktober 2023 15:31 WIB
Ilustrasi kalender bulan Oktober. (Foto: Freepik)
Ilustrasi kalender bulan Oktober. (Foto: Freepik)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, pada tanggal 16 Oktober 2023, kita memperingati sejumlah peristiwa penting yang merayakan keberagaman dan kesadaran akan isu-isu krusial di sekitar kita. Apakah 16 Oktober tanggal merah atau libur? Simak berikut ini ulasannya.

Jika merujuk pada Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023, 16 Oktober bukanlah tanggal merah atau libur.

Namun ada sejumlah peringatan penting dirayakan hari ini. Di antaranya Hari Pangan Sedunia, Hari Kucing Sedunia, Hari Parlemen Indonesia hingga Hari Roti Sedunia.

Berikut ini penjelasan selengkapnya:

1. Hari Pangan Sedunia

Baca juga : Hadiri Rakernas Projo Hari Ini, Prabowo-Gibran Jadi Bintangnya

Tanggal 16 Oktober diperingati sebagai Hari Pangan Sedunia atau World Food Day. Pada tahun 2023, tema yang diangkat adalah "Air adalah Kehidupan, Air adalah Makanan." 

Tema ini berangkat dari pentingnya air sebagai aspek krusial dalam produksi pangan. Peringatan ini mengajak kita untuk mengambil tindakan nyata terhadap perlindungan air untuk keberlangsungan pangan. 

Sejak konferensi FAO ke-20 pada November 1976 di Roma, 147 negara, termasuk Indonesia, menyetujui resolusi Nomor 179 yang menetapkan World Food Day. 

Mulai tahun 1981, setiap negara anggota FAO memperingati Hari Pangan Sedunia setiap tanggal 16 Oktober. 

2. Hari Parlemen Indonesia

Baca juga : FRISIAN FLAG Berangkatkan Belasan Peternak Muda Indonesia ke Belanda

Di Indonesia, tanggal 16 Oktober adalah Hari Parlemen Indonesia, sebuah peringatan yang menghormati sejarah lembaga perwakilan atau legislatif di negara ini. 

Sejarahnya bermula saat Wakil Presiden Republik Indonesia Mohammad Hatta bersama Perdana Menteri Sultan Sjahrir menilai pentingnya sebuah badan yang bisa mewakili aspirasi masyarakat sebagai negara yang merdeka. 

Berangkat dari pemikiran tersebut, pada tanggal 29 Agustus 1945, dibentuklah Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat (BP KNIP) tapi saat itu tugasnya adalah membantu presiden. 

Kemudian Wapres Mohammad Hatta mengeluarkan Maklumat Nomor X pada 16 Oktober 1945 atas pertimbangan politik internasional agar Indonesia dapat diakui sebagai negara demokratis yang memiliki aparatur lengkap. 

Baca juga : 13 Oktober Hari Apa Dan Apakah Libur? Berikut Daftar Hari Unik Dan Penting

Maklumat tersebut mengubah tugas KNIP dari yang awalnya sebagai pembantu presiden menjadi setara dengan presiden, yakni menyusun Undang-Undang dan ikut menetapkan Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN).

3. Hari Roti Sedunia

Hari Roti Sedunia, yang juga dirayakan pada tanggal 16 Oktober, menyoroti pentingnya makanan pokok di seluruh dunia. 

International Union of Bakers and Confectioners (UIBC) menetapkan peringatan ini sebagai momen penting untuk menghargai peran roti sebagai sumber utama gizi bagi masyarakat global.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.