Dark/Light Mode

Lewat Ajang KS2O 2023

Kemendikbudristek Dorong Pengembangan Talenta Siswa SILN

Rabu, 15 November 2023 14:30 WIB
Lewat Ajang KS2O 2023 Kemendikbudristek Dorong Pengembangan Talenta Siswa SILN

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus menunjukkan komitmen kehadiran negara dalam pengembangan talenta muda bidang sains, seni, dan olahraga tidak hanya di dalam negeri, namun juga di luar negeri.  

Komitmen tersebut disuguhkan melalui pelaksanaan Kompetisi Sains, Seni, dan Olahraga (KS2O) Sekolah Indonesia Luar Negeri se-Asia Tenggara, yang merupakan program rutin dan berkelanjutan yang dilaksanakan oleh Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) bersama Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) se-Asia Tenggara.  

Pada tahun ini, Atdikbud KBRI Kuala Lumpur bersama Sekolah Indonesia Johor Bahru (SIJB) menjadi tuan rumah KS2O, dengan dukungan dari Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), serta Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (BKHM) Kemendikbudristek, dan Konsulat Jenderal RI di Johor Bahru.   

Pelaksanaan KS2O dimulai dengan sosialiasasi kepada seluruh SILN se-Asia Tenggara, pada tanggal 11 September 2023 secara daring.

Baca juga : Kemendikbudristek Dukung Transformasi Digital

Acara puncak sekaligus penutupan dilaksanakan 12 November 2023 secara hibrida di SIJB.  

Puncak acara dihadiri langsung oleh Pelaksana tugas (Plt.) Kepala BKHM, Anang Ristanto, serta perwakilan dari BPTI.

Selain itu, satu juri dari Arsha Composer pun turut hadir dengan membawa penyanyi, Khairu yang tampil menghibur seluruh orang yang hadir di Aula Ahmad Dahlan KJRI Johor Bahru.  

Pelaksana tugas (Plt) Kepala BKHM, Anang Ristanto, menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan KS2O, di mana kompetisi ini berperan sebagai talent pool dan talent recognition.

Baca juga : Kemendikbudristek Dan Mitra Strategis Perkuat Kampanye Sekolah Sehat

“Kami sangat senang dapat membersamai anak-anak kita hari ini, berkesempatan untuk melihat langsung anak-anak kita mencurahkan segala kemampuan dalam KS2O. Kami sangat mengapresiasi inisitiaf dari Ibu/Bapak sekalian yang menjadikan kegiatan ini program tahunan,” kata Anang, seperti keterangan yang diterima RM.id, Rabu (15/11/2023).  

Anang mengatakan, manfaat kegiatan KS2O adalah mengajak anak-anak kita belajar tentang nasionalisme.

Melalui kegiatan ini, peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang dapat lebih mengenal kebinekaan suku bangsa dan budaya Indonesia yang beragam, baik dari seni rupa, seni musik, seni tari maupun bidang olah raga.

“Ada anak-anak kita di sini yang mungkin belum pernah ke tanah air. Kami berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan karakter sesuai dengan perkembangan zaman dengan tetap melestarikan warisan budaya Indonesia,” tutur Anang.  

Baca juga : Sesjen Kemendikbudristek Tekankan Transformasi ASN Untuk Bentuk ASN BerAKHLAK

Sementara itu, Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Kuala Lumpur, Muhammad Firdaus, dalam sambutannya mengatakan bahwa program ini akan terus berlangsung setiap tahun, dan terus melakukan perbaikan-perbaikan disetiap pelaksanaan lomba.

“Kami akan coba mengusulkan pemenang lomba-lomba KS2O agar memperoleh tiket emas yaitu beasiswa Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) repatriasi, agar bisa melanjutkan pendidikan ke Indonesia,” tutur Firdaus.  
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.