Dark/Light Mode

Rektor UNIJA Apresiasi Pembinaan Kemendikbudristek Di Masa Pandemi

Sabtu, 21 Oktober 2023 09:50 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Sepanjang masa pandemi Covid-19, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah membantu universitas di bawah naungannya.

Salah satunya Universitas Jakarta (UNIJA), Rektor UNIJA Shafiria Sada Manaf mengatakan, 0eran Kemendikbudristek sangat besar dalam membantu dalam pengembangan UNIJA sepanjang masa pandemi Covid-19.

"UNIJA mengapresiasi berbagai bentuk bantuan pembinaan yang dilakukan Kemendikbudristek," ujarnya dalam forum temu para alumni dan civitas akademika UNIJA, di Jakarta, Jumat (20/10/2023).

Shafiria mengatakan, sejak awal hingga akhir pandemi Covid-19, UNIJA banyak melakukan pembenahan. Hal itu dirasa tidak mudah.

Kondisi pandemi telah membuat perubahan dan mendorong seluruh bidang untuk beradaptasi secara cepat.

Baca juga : Kemendikbudristek Bangkitkan Kecintaan Terhadap Warisan Tambang Ombilin

"Tetapi beruntung dalam pelaksanaannya Kemendikbudristek sangat banyak membantu," katanya.

Dalam dua tahun masa Covid-19, UNIJA berbenah. Mulai dari pembangunan fisik gedung, regulasi akademik, sistem informasi akademik, virtual account, sampai peningkatan mutu SDM.

Perubahan itu turut juga dirasakan dan disaksikan oleh para alumni UNIJA salah satunya Komisaris BUMN, PT. Kliring Berjangka Indonesia Wahab Talaohu.

Ia mengaku terkejut melihat UNIJA saat menghadiri acara reuni akbar alumni Hukum UNIJA pada September 2023 lalu.

”Sudah lama sekali saya tidak ke UNIJA. Kemarin ketika acara reuni fakultas hukum UNIJA saya lihat ada banyak sekali perbaikan signifikan," kata Wahab.

Baca juga : Zhao Leji Apresiasi Peningkatan Kerja Sama Dengan Indonesia

Ia menyebut UNIJA sudah sangat berbeda sekali sejak di bawah kepemimpinan Rektor Shafiria. Baik dari sisi fasilitas, gedung dan regulasi.

"Semua sudah tampak menyesuaikan dengan tantangan dan perubahan zaman," terang tokoh Aktivis Reformasi 98 ini.

Wahab mengaku bangga dan optimis kampus almamaternya dapat terus tumbuh sehingga punya daya saing di tingkat nasional.

Dia menilai UNIJA sebagai kampus bersejarah yang berkontribusi melahirkan reformasi pada tahun 1998.

UNIJA telah melahirkan para professional dan pemimpin yang mengisi ruang-ruang produktif dan berkontribusi bagi bangsa dan negara.

Baca juga : Menko Muhadjir Apresiasi Pensi Teater Khamisa SD Muhammadiyah 5 Jakarta

Ia yakin UNIJA akan selalu responsif, adaptif, inovatif dan punya daya saing.

"Sehingga mampu bersaing di tingkat nasional dan dapat menjawab tantangan zaman di era distrupsi," pungkas alumni Ilmu Hukum UNIJA ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.