Dark/Light Mode

Cek 17 November Hari Apa Saja? Ini Peristiwa Penting Yang Pernah Terjadi

Jumat, 17 November 2023 15:42 WIB
Ilustrasi bulan November. (Foto: Unsplash.com/Maddi Bazzocco)
Ilustrasi bulan November. (Foto: Unsplash.com/Maddi Bazzocco)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada sejumlah perayaan penting yang diperingati setiap tanggal 17 November. Berikut ini ulasan lengkap tentang 17 November hari apa saja?

Sejumlah peringatan di tanggal 17 November adalah napak tilas dari sejumlah peristiwa penting. Misalnya Hari Pelajar Internasional, Hari Rekor Dunia Guinness, Hari Prematuritas Sedunia, hingga Hari Vasektomi Sedunia.

Selain itu di artikel juga diulas peristiwa penting apa saja yang pernah terjadi di tanggal 17 November pada tahun-tahun sebelumnya.

Hari Pelajar Internasional:

Pada 17 November, dunia merayakan Hari Pelajar Internasional, yang mengenang keberanian ribuan mahasiswa Praha pada tahun 1939. 

Mereka berjuang untuk kebanggaan nasional dan hak atas pendidikan tinggi. Pasukan Nazi menangkap dan mengeksekusi sembilan pengunjuk rasa tanpa proses pengadilan, dan lebih dari 1.200 mahasiswa dikirim ke kamp konsentrasi. 

Hari Rekor Dunia Guinness:

Peringatan Hari Rekor Dunia Guinness pada 17 November setiap tahunnya memuji "Guinness World Records", sebuah buku yang mencatat prestasi dan rekor dari seluruh dunia. 

Baca juga : 15 November Memperingati Hari Apa Di 2023? Ada HUT Palestina Hingga HUT Marinir

Buku ini bukan hanya sumber daya untuk menemukan catatan terbaik di dunia, tetapi juga menjadi fenomena internasional. Perayaan ini menghormati pencapaian luar biasa yang dicatat dalam buku tersebut dan mendorong terus memecahkan rekor.

Hari Prematuritas Sedunia:

Tanggal 17 November juga menandai Hari Prematuritas Sedunia, diperingati sejak tahun 2011 untuk meningkatkan kesadaran tentang jutaan bayi yang lahir prematur setiap tahunnya. 

Meskipun kemajuan teknologi medis, bayi prematur masih rentan terhadap berbagai risiko kesehatan. Peringatan ini bertujuan untuk menyoroti risiko tersebut, menyebarkan kesadaran, dan memberikan dukungan kepada keluarga yang mengalami kelahiran prematur.

Hari Vasektomi Sedunia:

Hari Vasektomi Sedunia, yang diperingati pada 17 November, mendukung vasektomi sebagai pilihan kontrasepsi pria yang aman dan masuk akal. 

Pada hari ini, dukungan diberikan untuk pelatihan dokter yang dapat melakukan prosedur ini. Vasektomi, sebagai kontrasepsi permanen, membatasi transfer sperma selama hubungan seksual. 

Sejak diluncurkan pada tahun 2012, Hari Vasektomi Sedunia telah menjadi gerakan global untuk keluarga berencana dan kesehatan seksual pria.

Hari Ini Dalam Sejarah

Baca juga : Tanggal 10 November 2023 Hari Apa? Berikut Peristiwa Penting Yang Pernah Terjadi

Berikut ini beberapa peristiwa penting yang pernah terjadi di tanggal 17 November, sebagaimana dikutip dari timeanddate.com:

- Tahun 2003, Arnold Schwarzenegger Dilantik Sebagai Gubernur California

Arnold menggantikan Gubernur Gray Davis. Ia terkenal sebagai binaragawan dan aktor, terutama untuk perannya sebagai cyborg dalam film fiksi ilmiah, The Terminator. Schwarzenegger terpilih kembali sebagai gubernur pada tahun 2007.

- Tahun 1989: Revolusi Beludru 

Revolusi Beludru dimulai seminggu setelah runtuhnya Tembok Berlin. Demonstrasi oleh mahasiswa yang memperingati Hari Mahasiswa Internasional di Praha dibubarkan secara kejam oleh polisi anti huru-hara. 

Insiden ini memicu mogok massal dan protes non-kekerasan di seluruh negara, mengakhiri pemerintahan komunis di bekas Cekoslowakia dan membuka jalan untuk pemilihan demokratis pertama dalam 41 tahun.

- Tahun 1973: Pemberontakan Politeknik Athena berakhir. 

Protes populer terhadap rezim militer di bawah Georgios Papadopoulos dimulai pada 14 November ketika mahasiswa di politeknik melakukan mogok. Pada pagi 17 November, militer menyerbu kampus dengan tank dan mengakhiri protes. 

Meskipun tidak ada yang diketahui tewas di kampus politeknik, banyak orang tewas dalam bentrokan di sekitar kota. Hari ini, semua sekolah dan universitas ditutup pada tanggal 17 November untuk memperingati pemberontakan tersebut.

- Tahun 1869: Konstruksi Terusan Suez Selesai

Baca juga : SIM Keliling Bekasi Selasa 7 November Hadir Di Polsek Bantargebang

Saluran air buatan sepanjang 120 mil (193 km) yang menghubungkan Laut Merah dan Laut Tengah memakan waktu 10 tahun untuk dibangun dan dibuka untuk kapal-kapal. Terusan ini menghubungkan Eropa ke Asia tanpa kapal harus berkeliling Afrika.

- Tahun 1858: Dimulainya Modified Julian Date (MJD). 

Metode penanggalan ini, yang sebagian besar digunakan oleh astronom dan astrofisikawan, didefinisikan dengan mengurangkan 2,400,000. 

5 hari dari tanggal Julian saat ini (JD), yang dihitung dengan menghitung jumlah hari sejak Tengah Hari 1 Januari 4713 SM. 

MJD memberikan jumlah hari sejak tengah malam 17 November 1858. MJD pertama kali digunakan pada tahun 1957 oleh ilmuwan di Observatorium Astrofisika Smithsonian untuk melacak satelit.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.