Dark/Light Mode

Siti Atikoh Harap Perempuan Mandiri Bikin Keputusan

Minggu, 26 November 2023 12:01 WIB
Istri Calon Presiden Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti. Foto: Istimewa
Istri Calon Presiden Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Siti Atikoh Supriyanti mengungkapkan di era modern seperti saat ini, perempuan harus punya kepercayaan diri dan berani membuat pilihan.

Istri Calon Presiden (Capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo ini menguraikan sebagai seorang perempuan harus bisa membangun kesadaran pada sesama perempuan, bahwa satu dengan lainnya memiliki hak yang sama dalam meraih cita dan mengambil peran dalam kehidupan bermasyarakat.

"Kecerdasan perempuan tidak boleh dipandang sebelah mata. Ada banyak sekali Perempuan cerdas nan kritis di Indonesia seperti Ibu Retno Marsudi yang saat ini berjuang keras dengan segala upaya untuk menyuarakan kedamaian di Palestina, ada ibu Sri Mulyani, Najwa Shihab, Angkie Yudistia dengan memperjuangkan berbagai hak teman-teman disabilitas," kata Siti Atikoh dalam bincang women empowered women yang bertajuk kekerasan pada perempuan, di Gedung High End, Jakarta, Sabtu (25/11/2023).

Sebagai seorang perempuan, Siti Atikoh menyebut, perlu adanya sikap untuk saling menguatkan sesama perempuan, terutama yang berada di titik terendah seperti korban KDRT.

Baca juga : Mahfud MD: Pilih Pemimpin Sesuai Hati Nurani

Sebab, dengan kelompok yang sehat dapat membantu mereka pulih dari trauma.

"Bantu sesama perempuan untuk kembali menemukan potensi diri dan kembali berdaya setelah melewati peristiwa keterpurukan," tuturnya.

Pada sesi tanya jawab, seorang tamu undangan pada acara hari ini bernama Nova, menceritakan pengalaman pribadinya yang mengalami kekerasan dan berdampak pada kesehatan mentalnya.

Merespon hal tersebut, Siti Atikoh memberikan semangat, dan apresiasi atas keputusan Nova yang meminta pendampingan profesional.

Baca juga : Survei Voxpopuli: 82,3 Persen Puas Kinerja Jokowi, Publik Ingin Keberlanjutan

"Kita perlu juga mencari orang yang paham dengan kondisi terkini kita. Mulai dari diri kita, kita harus saling support. Women empowered women," ujarnya.

Seorang disabilitas low vision bernama Dian, juga menceritakan pengalamannya yang sering mengalami kekerasan psikologis. Mulai dari bangku sekolah, hingga memasuki dunia kerja.

Merespon cerita dari Dian, Siti Atikoh berharap agar kedepan tempat-tempat umum bisa lebih inklusif.

"Belum semua tempat inklusif. Mungkin belum semua orang memahami kondisi seorang low vision," kata Siti Atikoh.

Baca juga : Resmikan MUI Tower Jatim, Khofifah Harap Jadi Sentra Bertemunya Ulama Dan Keilmuan

Di Tengah acara, Siti Atikoh juga mendapatkan kejutan ulang tahun dari Tim. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara yang ditutup dengan potong tumpeng, dan doa bersama. Papan bunga bertuliskan selamat ulang tahun kepada Siti Atikoh juga terlihat berjajar lokasi.

Dalam acara ini turut dihadiri berbagai komunitas, seperti Perempuan Indonesia Pilih Ganjar (PIJAR), ExtravaGanjar, teman- teman perwakilan disabilitas, Perempuan Pengurus Tim Pemenangan Daerah (TPD), Tim Pemenangan Muda (TPM), Tim Pemenangan Daerah Ganjar-Mahfud DKI Jakarta, dan para influencer.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.