Dark/Light Mode

Daftar Perayaan Tanggal 1 Desember: Hari AIDS, Hari Raya Hingga Hari kemerdekaan

Jumat, 1 Desember 2023 15:02 WIB
Ilustrasi bulan Desember. (Foto: Kelly Sikkema/Unsplash)
Ilustrasi bulan Desember. (Foto: Kelly Sikkema/Unsplash)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setiap tanggal 1 Desember, kita tidak hanya diingatkan oleh satu peristiwa bersejarah, tetapi juga disentuh oleh berbagai perayaan dan penghormatan. Lalu, tanggal 1 Desember hari apa saja?

Pertama, Hari AIDS Sedunia. Peringatan ini menjadi momen serius untuk merenung tentang tantangan global yang masih dihadapi dalam mengatasi penyakit mematikan ini. 

Sementara itu, Hari Bhatara Sri mengajak kita untuk merayakan keberkahan dan kemakmuran, terutama bagi umat Hindu di Bali. 

Tidak ketinggalan, perayaan kemerdekaan Portugal dan Rumania, yang mencerminkan semangat perjuangan dan persatuan. 

Berikut ini, daftar peringatan 1 Desember selengkapnya:

Hari AIDS Sedunia: Melawan Penyakit dan Diskriminasi

Baca juga : Tanggal 20 November Hari Apa? Ada Hari Anak Sedunia, Heboh Di Medsos

Pada setiap Hari AIDS Sedunia, dunia bersatu untuk merayakan kehidupan, mengenang mereka yang telah pergi karena AIDS, dan mengingatkan akan tantangan yang masih dihadapi. 

Menurut UNAIDS, setidaknya 630.000 orang meninggal pada tahun 2022 karena penyakit terkait AIDS. Pentingnya menyadari bahwa HIV masih ada dan belum ada obatnya mendorong perlunya peningkatan pendanaan, kesadaran, serta penghapusan stigma dan diskriminasi. 

Perjuangan melawan AIDS membutuhkan dukungan global dan kesadaran akan dampaknya pada masyarakat.

Hari Bhatara Sri: Berkumpul dalam Keberkahan

Di Bali, umat Hindu merayakan Hari Bhatara Sri setiap enam bulan sekali, menciptakan momen penghormatan kepada dewi kemakmuran. 

Pada hari ini, umat Hindu berkumpul di tempat-tempat yang memiliki simbol bahan pangan, seperti sawah atau lumbung padi. Melalui doa dan ritual, mereka merayakan keberkahan dan berharap pada rejeki yang berlimpah. 

Baca juga : Tanggal 10 November 2023 Hari Apa? Berikut Peristiwa Penting Yang Pernah Terjadi

Hari Bhatara Sri bukan hanya perayaan agama, tetapi juga ekspresi rasa syukur dan kebersamaan dalam komunitas.

Hari Kemerdekaan Portugal dan Rumania: Refleksi Semangat Perjuangan

1 Desember bukan hanya tentang AIDS dan perayaan keagamaan. Ini juga menjadi momen bersejarah ketika Portugal merayakan kemerdekaannya setelah puluhan tahun di bawah kekuasaan Spanyol. 

Begitu pula di Rumania, di mana tanggal ini menandai hari penyatuan wilayah yang membentuk negara yang kita kenal hari ini. Perjuangan, perlawanan, dan semangat bersatu menjadi inti dari peristiwa bersejarah ini, mengingatkan kita akan nilai-nilai penting seperti kemerdekaan dan persatuan.

Daftar Sejarah Penting 1 Desember

- Pada tahun 2009, Perjanjian Lisbon mulai berlaku, memperbaharui fondasi konstitusional Uni Eropa.

- Pada tahun 1958, Koloni Prancis Ubangi-Shari meraih otonomi dan dua tahun berikutnya berubah menjadi Republik Afrika Tengah.

Baca juga : 2 November Hari Apa? Ada Hari Arwah Hingga Hari Balet, Berikut Sejarah Penting

- Pada tahun 1943, Konferensi Tehran berakhir dengan kesepakatan AS, Inggris, dan Uni Soviet untuk membuka front kedua melawan Jerman di Prancis.

- Tahun 1919 mencatat sejarah dengan Nancy Astor menjadi wanita pertama yang bergabung dengan Dewan Rakyat Inggris.

- Pada tahun 1918, Kerajaan Islandia terbentuk melalui Persetujuan Persatuan dengan Denmark, eksis hingga 1944 ketika referendum menciptakan Republik Islandia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.