Dark/Light Mode

KLHK Pastikan Tidak Terjadi Asap Lintas Batas Negara Hingga Hari Ini

Sabtu, 7 Oktober 2023 19:22 WIB
Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, Laksmi Dewanti. (Foto: Ist)
Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, Laksmi Dewanti. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memastikan tidak terjadi asap lintas batas (transboundary haze) hingga ke Singapura dan Malaysia hingga Sabtu (7/10) pagi.

Hal ini ditegaskan Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) KLHK, Laksmi Dewanti pada konferensi pers di kantor KLHK, Sabtu (7/10).

Laksmi menyampaikan hal ini didasarkan pada peta citra sebaran asap dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan The ASEAN Specialised Meteorological Centre (ASMC).

Baca juga : KLHK: Paparan PCBs Serang Imunitas Tubuh Hingga Sebabkan Kanker Pada Anak

"Kejadian asap lintas batas kita ikuti terus menerus dengan menggunakan dua data utama. Pertama, data yang kita ambil dari ASMC, yang berlokasi di Singapura dan data dari BMKG dengan menggunakan Himawari," kata Laksmi.

Menurut Laksmi, pemerintah Indonesia lewat KLHK terus memantau data tersebut, khususnya sejak terjadinya kebakaran hutan yang cukup banyak pada Minggu keempat bulan September kemarin. 

"Jadi 26-28 September hingga hari ini, 7 Oktober pagi tadi. Jadi yang kami sampaikan data tadi pagi jam 7, itu tidak terdeteksi adanya asap lintas batas," ujarnya. 

Baca juga : Sambil Lari Pagi, Ganjar Sapa Masyarakat Hingga Sarapan Kupat Tahu Di Bandung

Diakuinya memang ada konsentrasi-konsentrasi asap pekat di lokasi terjadi kebakaran hutan, khususnya di Sumatera Selatan, Jambi, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Kendati ada potensi, namun berdasarkan data dari alat ASMC dan BMKG asap lintas batas itu belum ada.

"Karena itu pasti akan ada indikasi yang kita akan diinformasikan baik dengan Himawari maupun ASMC kapan asap lintas batas itu terjadi," katanya.

KLHK menggunakan data dari ASMC dan BMKG secara kontinyu dari tahun ke tahun yang tujuannya untuk menjaga konsistensi. Kendati belum terdeteksi asap lintas batas dari kedua pengukuran tersebut, Laksmi memastikan, pemerintah Indonesia terus melakukan operasi kesiapsiagaan untuk menangani kebakaran hutan yang disebabkan oleh El-Nino ini.

Baca juga : Menteri LHK Pastikan Tidak Ada Asap Melintas Ke Malaysia

"Jadi untuk menjaga konsistensi kami juga menggunakan sumber data yang sama untuk menyatakan bahwa sampai dengan tadi belum ada kejadian asap lintas batas. Hal ini tidak mengurangi kesiapsiagaan Indonesia, kemudian operasi di lapangan karena patokan kita bukan terjadinya asap lintas batas atau tidak, target kita memadamkan kebakaran hutan dan lahan," tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.