Dark/Light Mode

Pj Ketua TP PKK Sumsel Tinjau Gerakan Keluarga Indonesia dan Posyandu di Jabar

Sabtu, 2 Desember 2023 13:29 WIB
Pj Ketua TP PKK Sumatera Selatan Tyas Fatoni (kanan depan). (Foto: Istimewa)
Pj Ketua TP PKK Sumatera Selatan Tyas Fatoni (kanan depan). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Selatan (Sumsel) Tyas Fatoni meninjau sejumlah program kerja (proker) unggulan Pokja II Jawa Barat. Kunjungan ini sekaligus dalam rangka studi banding TP PKK Sumsel ke TP PKK Jawa Barat (Jabar).

"Kunjungan ini untuk melihat program kerja unggulan Pokja (Kelompok Kerja) II, yaitu Gerakan Keluarga Indonesia dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi (Gelari Pelangi) di Kabupaten Purwakarta dan Pokja IV untuk melihat Posyandu Flamboyan yang ada di Kabupaten Bandung Barat. Selain itu, untuk melihat kampung mandiri dan kampung literasi,” ucap Tyas, di Bandung, Jawa Barat, Kamis (30/11).

Baca juga : BPIP Komit Selenggarakan Keterbukaan Informasi Publik

Melalui kunjungan tersebut, Tyas berharap silaturahmi antara TP PKK Sumsel dengan TP PKK Jabar terus terjalin dan bisa memperoleh ilmu yang pada akhirnya dapat diterapkan di Sumsel. Selain itu, diharapkan mampu memperoleh contoh dan menjawab permasalahan yang ada saat akan melakukan studi kaji lainnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Ketua TP PKK Jawa Barat Amanda Setyaningsih, melalui Staf Ahli Bidang TP PKK Jawa Barat Euis Sutrisno, menyambut baik kunjungan TP PKK Sumsel di wilayahnya. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat penting dan berharga dalam hubungan kerja sama juga kolaborasi antara TP PKK Sumsel dan TP PKK Jawa Barat.

Baca juga : Panser Muda Mau Kawinkan Gelar Piala Eropa Dan Piala Dunia

"Jawa Barat terdiri dari 18 kabupaten, 9 kota, 664 kecamatan, 5.311 desa dan 627 kelurahan. Untuk PKK di tingkat RW sebanyak 53.512, kemudian terdapat 201.202 PKK di tingkat RT dan ada 729.826 Kelompok Dasawisma," jelasnya.

Kegiatan kunjungan kerja ini merupakan hasil Rakernas IX PKK tahun 2021 yang disesuaikan dengan potensi wilayah masing-masing. Selain itu, telah disusun pula serangkaian kegiatan oleh semua Pokja dan sekretariat merujuk pada Petunjuk Teknis (Juknis) PKK tahun 2021.

Baca juga : Ketua KPK Sementara Tangkap Arahan Khusus Lewat Mimik Jokowi, Ini Pesannya

"Program dikemas dalam semua kegiatan Pokja. Kami mempunyai program unggulan Sekolah Perempuan Capai Cita-cita dan Impian atau Sekoper Cinta, Sarling yaitu Siaran Keliling oleh TP PKK Jawa Barat bekerja sama dengan lembaga-lembaga yang ada di Jawa Barat, kemudian Omaba yaitu Ojek Makanan Balita dan Sadarka Jawa Barat yakni Satu Data Keluarga Jawa Barat," ucap Euis.

Melalui kesempatan ini, TP PKK Sumsel dan TP PKK Jawa Barat saling berdiskusi satu sama lain terkait program unggulan di wilayahnya masing-masing.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.