Dark/Light Mode

Keliling Jawa Timur

Mahfud MD Jumpai Kiai Dan Santri, Hingga Ziarah Ke Makam Pendiri NU

Sabtu, 2 Desember 2023 22:23 WIB
Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD berziarah ke makam senior sekaligus gurunya, KH. Abdurahman Wahid (Gus Dur) yang lokasinya satu kompleks dengan makam Hadratusyaikh Hasyim Asyari, KH. Wahid Hasyim, dan ulama NU lainnya di Ponpes Tebuireng, Jombang, Sabtu (2/12/2023). Foto: Istimewa
Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD berziarah ke makam senior sekaligus gurunya, KH. Abdurahman Wahid (Gus Dur) yang lokasinya satu kompleks dengan makam Hadratusyaikh Hasyim Asyari, KH. Wahid Hasyim, dan ulama NU lainnya di Ponpes Tebuireng, Jombang, Sabtu (2/12/2023). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah keliling Banten, Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD melakukan safari politik dengan keliling ke sejumlah daerah di Jawa Timur (Jatim). Berbagai kegiatan dihadiri pria asal Madura ini.

Dari mulai konsolidasi dengan santri dan kiai, ketemu masyarakat dan relawan, hingga ziarah ke makam gurunya dan para pendiri Nahdlatul Ulama (NU).

Mahfud mengawali kegiatannya di Trenggalek. Di sini, Mahfud menghadiri acara silaturahmi dengan kiai dan santri Ponpes se-Mataraman.

Silaturahmi yang digelar di Ponpes Sulaiman, Trenggalek ini, dihadiri ribuan santri dan kiai se-Mataraman yang tergabung di dalam Kiai Santri Bersama Mahfud (KSBM).

Baca juga : SIM Keliling Jakarta Jumat 1 Desember, Hadir Di 5 Lokasi

Mereka menggelar deklarasi mendukung Ganjar-Mahfud. Mereka hadir dari beberapa daerah di luar Trenggalek, seperti Kediri, Blitar, Tulungagung, Madiun, Ngawi, Pacitan, dan Nganjuk. Mahfud bersyukur mendapatkan suntikan dukungan itu.

"Ini adalah silaturahmi dan deklarasi. Karena musim Pemilu, ya deklarasi boleh," kata Mahfud.

Soal pilihan politik, ia tak ingin memaksakan. Mahfud himbau untuk memilih sesuai nurani dan keyakinan, dengan memilih calon yang terbaik bagi Indonesia. "Silakan nilai, saya pantas menjadi pemimpin Indonesia ke depan atau tidak," tandasnya.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini tetap menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan. Santri dan kiai diharap jadi motor kerukunan dan menyebarkan semangat kepesantrenan yang penuh kejujuran dan cinta tanah air.

Baca juga : Mangkrak 3 Tahun, Dugaan Korupsi Pengadaan Sapi Di Kementan Naik Penyelidikan

Kiai dan santri juga diminta memantau potensi kecurangan dan berbagai tekanan-tekanan sosial politik lainnya selama proses Pemilu.

"Lindungi dan pahamkan santri dan masyarakat atas tekanan-tekanan politik yang tidak sehat. Nggak usah dilawan, diiyakan saja. Nanti pas pencoblosan tinggal pilih sesuai keyakinan dan sesuai dengan tuntunan," pesan Mahfud.

Setelah dari Trenggalek, Mahfud menuju Jombang. Mahfud berziarah ke makam senior sekaligus gurunya, KH. Abdurahman Wahid (Gus Dur) yang lokasinya satu kompleks dengan makam Hadratusyaikh Hasyim Asy'ari, KH. Wahid Hasyim, dan ulama NU lainnya di Ponpes Tebuireng.

Mahfud mengaku selalu ingat pesan dan ijazah doa dari guru ideologisnya. Gus Dur pernah berpesan, jika Mahfud hendak menjadi pejabat, agar masuk dan keluarnya nyaman dan tidak membebani orang, diminta baca doa khusus.

Baca juga : Mahfud Ajak Pesaingnya Bertarung Dengan Fair

"Kira-kira doanya artinya begini, Ya Allah, bawalah aku masuk ke tempat kerja baru dengan cara yang benar. Dan nanti tolong bawa saya keluar menyelesaikan tugas itu dengan cara yang benar pula. Dan berilah kekuasaan yang bisa menolong orang banyak," ingat Mahfud di kompleks makam Pendiri Ponpes Tebuireng.

Di Jombang, Mahfud juga berziarah ke makam Mbah Bisri Syansuri dan ke makam K.H. Wahab Hasbullah di Pondok Pesantren (Ponpes) Bahrul Ulum Tambakberas dan Denanyar.

Rangkaian kunjungan hari pertama Mahfud MD di Jatim akan berakhir di Sidoarjo, yakni menghadiri acara shalawat di GOR Sidoarjo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.