Dark/Light Mode

Kenang Masa Kecil

Mahfud Ziarah Ke Makam Ayahandanya Di Pamekasan

Sabtu, 18 November 2023 14:40 WIB
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) sekaligus Cawapres Mahfud MD pulang ke kampung halamannya dan nyekar di makam ayahandanya H. Mahmodin di Desa Plapak, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Sabtu (18/11/2023). (Foto: Ridhwan Siregar)
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) sekaligus Cawapres Mahfud MD pulang ke kampung halamannya dan nyekar di makam ayahandanya H. Mahmodin di Desa Plapak, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Sabtu (18/11/2023). (Foto: Ridhwan Siregar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD pulang ke kampung halamannya di Pulau Madura, Jawa Timur, Sabtu (18/11/2023).

Mahfud melakukan serangkaian kegiatan di Pulau Garam ini. Setelah disambut ribuan warga di Jembatan Suramadu, dan shalawatan serta istiqhosahan bersama ulama dan tokoh-tokoh Madura tergabung di Ikatan Keluarga Madura (IKAMA) di Bangkalan, Mahfud menuju ke makam ayahandanya, di Desa Plapak, Pegantenan, Pamekasan, Madura.

Sebelum memasuki area makam, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) yang datang bersama keluarga ini disambut warga sekitar dengan hadrah dan shalawat badar.

Mahfud menyalami warga dengan ramah yang menyapanya. Dia juga sempat memberi hormat kepada para polisi yang mengamankan kegiatannya.

Baca juga : TPN Ganjar - Mahfud Minta Aparatur Negara Bersikap Adil Di Pilpres 2024

Yang menarik, ada salah satu polisi bernama Jokowi. Mahfud pun bertanya, apa benar namanya Jokowi. Sang petugas pun mengamini. Keduanya lantas berfoto bersama.

Sesampainya di makam, Mahfud membaca tahlil dipimpin oleh tokoh agama setempat. Mahfud berbatik hijau, dengan sorban melingkar, nampak khusyuk berdoa di depan pusara ayahandanya. Selanjutnya, Mahfud menaburkan bunga di pusara sembari bershalawat.

"Terima kasih ikut berdoa bersama di kuburan orang tua saya. Saya lahir di Madura, di Sampang. Tetapi orang tua saya, orang asli sini. Orang tua saya PNS yang pindah-pindah terus," kata Mahfud usai tahlilan.

Mahfud pun mengaku punya banyak kenangan masa kecil di desa tempat ayahandanya dimakamkan. Semasa kecil, saat liburan, dia pulang ke kampung yang sangat sepi ini. Rumahnya tak jauh dari makam ayahandanya.

Baca juga : Jokowi Berusaha Hentikan Perang

"Kampung sepi ini, tempat penuh kenangan. Ada sepupu saya namanya Hari. Pak Hari temen main saya dulu kalau kecil. Nyari buah-buahan dan lain-lain. Gratis dulu nggak ada yang melarang," ceritanya.

Meski rutin ke makam ayahandanya, namun ziarah kali ini amat istimewa. Karena dia disambut sebagai kontestan Pilpres 2024.

"Tapi ini bukan kampanye. Murni ziarah kubur mendoakan ayah saya. Saya titip kampung ini, mudah-mudahan kampung ini akan menuliskan namanya dalam sejarah Indonesia," pungkasnya.

Samsuddin, warga sekitar bangga punya tokoh nasioanal dari kampungnya. Apalagi kini tengah berlaga di Pilpres 2024 sebagai Cawapres..

Baca juga : Sandra Dewi, Rayakan Anniversary Pernikahan Di Prancis

"Alhamdulillah sangat bangga. Kami warta desa mendukung penuh pencalonan beliau. Insyallah terpilih, dan akan membawa Madura dan Indonesia ke arah kemajuan," doanya.

Diketahui, ini kali pertama Mahfud melakukan kunjungan ke Madura setelah putera Pamekasan ini ditetapkan sebagai Cawapres oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Agenda kunjungan Mahfud kali ini memang tergolong istimewa. Karena berlangsung sehari penuh. Usai penjemputan yang epik di Jembatan Suramadu, Mahfud menghadiri acara Istigosah di Lapangan IKAMA, Morkepek, Bangkalan dan menuju Posko Pemenanga IKAMA untuk melakukan pertemuan dengan sejumlah pentolan dan tokoh Madura.

Setelah dari Bangkalan, Mahfud melakukan perjalanan menuju Pamekasan. Mahfud dan keluarga berziarah ke makam ayahandanya. Usai berziarah, Mahfud menuju Pondok Pesantren Annuqayah untuk melakukan serangkaian kegiatan dan berlanjut ke Ponpes Al-Amin. Agenda terakhir, Mahfud menuju ke Pendopo Kabupaten Sumenep untuk melakukan Istiqhosah Kebangsaan di GOR A. Yani Sumenep.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.