Dark/Light Mode

Ganjar Komitmen Lanjutkan IKN, Ini Pesan Pakar Publik

Jumat, 8 Desember 2023 09:25 WIB
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengunjungi IKN Nusantara, Kamis (7/12/2023). Foto: Istimewa
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengunjungi IKN Nusantara, Kamis (7/12/2023). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Asosiasi Analis Kebijakan Indonesia (AAKI) Trubus Rahadiansyah menyarankan kepada Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo untuk mempersiapkan perencanaan matang terkait pembiayaan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hal itu disampaikan Trubus menyusul kampanye Ganjar yang mengunjungi IKN Nusantara, Kamis (7/12/2023).

Menurut Trubus, tantangan terberat Nusantara adalah soal pembiayaan. Sesuai amanat Undang-Undang IKN, pembiayaan IKN diperoleh dengan skema kerja sama Pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Baca juga : Ganjar Akan Sat Set Tuntaskan Ibu Kota Nusantara

"Kalau dalam UU IKN, pembiayaan IKN pembangunannya menggunakan sistem KPBU. Sekarang kalau dia (Ganjar) berkomitmen ingin konsisten membangun, ya berarti dia (Capres) sudah punya perencanaan sudah punya program untuk mendatangkan investor. Karena tidak boleh kemudian semuanya APBN, jebol nanti," kata Trubus, Jumat (8/12/2023).

Oleh sebab itu, Ganjar juga dituntut harus mempunyai program kerja yang jelas dalam pembangunan IKN.

"Makanya ketika dia mengatakan melanjutkan, itu kan harus dengan argumentasi yang jelas, diuraikan dalam program kerja," tegas Trubus.

Baca juga : Senafas Jokowi, Ganjar Bangun IKN Realisasikan Mimpi Besar Bung Karno

Trubus menilai pembangunan Nusantara di Kalimantan Timur merupakan proyek besar dengan keuntungan besar untuk jangka panjang.

"Ya kalau dari teori cost and benefit. Ya bisa cost-nya besar tapi benefitnya juga besar untuk jangka panjang. Kalau jangka pendek, costnya besar, benefitnya kecil," imbuh pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisakti itu.

Dia juga menyebut ada keuntungan lain yang didapat Indonesia jika meneruskan pembangunan IKN, yakni kepercayaan dari dunia investasi.

Baca juga : Komit Amankan Nataru, Kapolri Pastikan Beri Pelayanan Terbaik Buat Warga

"Ada benefit lain yang besar, kepercayaan investor internasional naik karena Indonesia berani melakukan pembangunan IKN di tengah situasi global yang tidak baik-baik saja," tambah Trubus.

Sebelumnya, Capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo menegaskan komitmennya untuk melanjutkan proyek IKN.

"Saya orang yang konsisten atas pelaksanaan sebuah aturan. Dan tentu saja IKN ini sebuah konsep yang disiapkan bahkan sejak zaman Bung Karno, di mana ada perencanaan untuk memindahkan ibu kota," kata Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.