Dark/Light Mode

Ganjar Akan Sat Set Tuntaskan Ibu Kota Nusantara

Jumat, 8 Desember 2023 08:10 WIB
Ganjar Pranowo bersama Ketua Tim Pemenangan Nasional Arsjad Rasjid di kawasan Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur, pada Kamis (7/12/2023).
Ganjar Pranowo bersama Ketua Tim Pemenangan Nasional Arsjad Rasjid di kawasan Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur, pada Kamis (7/12/2023).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ganjar Pranowo, menjadi calon presiden pertama yang mengunjungi kawasan Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur, pada Kamis (7/12/2023). Hadir di titik 0 kilometer di kawasan tersebut, Ganjar menegaskan komitmennya untuk melanjutkan pembangunan ibu kota masa depan Indonesia. Mendukung, melanjutkan dan menuntaskan apa yang telah dilakukan Presiden Jokowi. Bahkan, jika diperlukan percepatan, Ganjar akan melakukannya dengan sat set.

“Saya ada di sini (menjadi capres) yang pertama (yang ke IKN) untuk menunjukkan komitmen itu,” kata Ganjar.

Baca juga : Dantara Yakin Duet Ganjar-Mahfud Bisa Percepat Pembangunan IKN Nusantara

Rakyat Merdeka ikut dalam kunjungan tersebut melalui jalur darat. Dari kota Balikpapan masuk tol exit Samboja lalu menuju wilayah Sepaku, dan berlanjut ke Kabupaten Penajam Paser Utara. Jalan menuju Nusantara terlihat rapi dan mulus. Total waktunya sekitar 2,5 jam.

Ganjar tiba di Nusantara sekitar pukul 10.00 WIB menggunakan helikopter didampingi Ketua Tim Pemenangan Nasional Arsjad Rasjid. Heli mendarat tidak jauh dari Rumah Teknologi. Sebuah spot yang dibangun untuk edukasi, menunjukkan program dan desain smart city yang disiapkan di ibu kota baru.

Baca juga : Capres Pertama Kunjungi IKN, Ganjar Tegaskan Komitmen Pembangunan Ibu Kota Baru

Dari Rumah Teknologi, Ganjar berlanjut ke Titik Nol Nusantara. Ganjar menanam pohon kepel (stelechocarpus burahol), penghasil buah kegemaran para putri keraton Jawa. Di lokasi Titik Nol, dia diserbu warga yang kebetulan sedang berkunjung dan wisata ke IKN. Diajak selfi dan foto bersama.

Ganjar lalu menuju Menara Pandang untuk makan siang dan ngobrol dengan sejumlah pemimpin media dan wartawan yang hadir di sana. Setelahnya, Capres kelahiran 28 Oktober 1968 itu berkunjung ke lokasi pembangunan Istana. Menemui dan ngobrol dengan sejumlah pekerja yang berada di sana.

Baca juga : IFG Life Kebut Tuntaskan Polis Nasabah Jiwasraya

Ganjar mengatakan, hubungannya cukup dekat dengan Jokowi. Beberapa kali sempat diskusi soal pembangunan Ibu Kota Nusantara. “Beliau mempunyai concern yang luar biasa. Maka, tanpa bermaksud mengklaim apa pun, saya mungkin cukup paham apa yang disampaikan beliau untuk bisa kita tuntaskan,” tegas Ganjar.

Calon presiden berambut putih ini menyatakan sikapnya konsisten mendukung keberlanjutan pembangunan IKN. Konsep pemindahan ibu kota sudah ada sejak zaman Bung Karno.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.