Dark/Light Mode

Terbang Ke Jepang

Baru Kali Ini, Jokowi Pake Dasi Kuning

Minggu, 17 Desember 2023 07:50 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subianto dan Mensesneg Pratikno saat akan bertolak menuju Jepang dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (16/12/2023). Presiden berkunjung ke Jepang dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Jepang. (Foto: Biro Pers)
Presiden Joko Widodo didampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subianto dan Mensesneg Pratikno saat akan bertolak menuju Jepang dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (16/12/2023). Presiden berkunjung ke Jepang dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Jepang. (Foto: Biro Pers)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemarin (16/12), Presiden Jokowi terbang ke Negeri Sakura untuk menghadiri KTT ASEAN-Jepang dan KTT AZEC. Namun ada yang berbeda dalam penampilan Jokowi saat akan meninggalkan tanah air. Baru kali ini, Jokowi terlihat pake dasi kuning. Penampilan baru Jokowi itu bikin warganet penasaran.

Momen itu terlihat saat Jokowi hendak berangkat ke Jepang dari Pangkalan Lapangan Udara TNI Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Turut mendampingi, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Seperti kunjungan resmi lainnya, dalam lawatannya ke Jepang, Jokowi berpenampilan formal dengan kemeja putih yang dibalut jaz warna biru tua. Namun, penampilan Jokowi terlihat berbeda pada warna dasi yang dipakainya. Kalau biasanya Jokowi pake dasi warna merah, biru tua, atau hitam. Kemarin, Jokowi memakai dasi warna kuning. Warna kuning diketahui identik dengan Partai Golkar.

Baca juga : Bertemu PM Jepang, Jokowi Bahas MRT Hingga Masalah Iklim

Penampilan yang tidak biasa dari Kepala Negara membuat wartawan penasaran. Saat memberikan keterangan pers, wartawan menyinggung soal dasi warna kuning itu. “Pak, dasi kuning ada artinya nggak,” tanya wartawan kepada Jokowi, Sabtu (16/12/2023) pagi.

Mendengar pertanyaan itu Presiden tampak memegangi dasinya, kemudian berseloroh kepada wartawan. “Masa nggak tahu,” jawabnya, seraya tersenyum lebar dan lantas pergi meninggalkan ruang konferensi pers menuju ke pesawat.

Mendengar jawaban itu, wartawan kemudian menanyakan hal tersebut kepada Pratikno. Kata Pratikno, Presiden sempat bercerita kepadanya mengalami kesulitan saat mencari dasi sehingga Kepala Negara memakai dasi yang ada.

Baca juga : Bertolak Ke Tokyo Pagi Ini, Jokowi Siap Hadiri KTT ASEAN-Jepang Dan KTT AZEC

“Oh, tadi beliau cerita kesulitan cari dasi. Yang ada saja dipakai,” tuturnya.

Apakan dasi kuning yang dipakai Jokowi itu ada kaitannya dengan Golkar? Menanggapi itu, Wakil Ketua Umum Golkar Nurul Arifin mengaku tidak tahu pasti. Namun, Nurul bilang kalau selama ini, Jokowi memang terlihat nyaman dengan warna kuning. Terlebih, seluruh kader Golkar sangat menghormati Presiden ke-7 RI tersebut.

“Kami melihatnya sosok yang bersahaja, tetapi juga komit dan tangguh sebagai Kepala Negara. Golkar pun mem-back up semua kebijakannya dengan totalitas, baik di parlemen ataupun di eksekutif,” tutur Nurul saat dikonfirmasi, Sabtu (16/12/2023).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.