Dark/Light Mode

Cegah Stunting Di Depok, Intan Fauzi Kasih Lima Ribu Paket Bantuan Pangan

Jumat, 24 November 2023 18:52 WIB
Anggota DPR Intan Fauzi saat memberikan bantuan paket pangan buat warga/Ist
Anggota DPR Intan Fauzi saat memberikan bantuan paket pangan buat warga/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota DPR Intan Fauzi bergerak cepat mengakomodir kebutuhan warga terkait menu pencegahan stunting di Kota Depok.

Menggandeng mitra Komisi VI DPR, yakni Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rajawali Nasional Indonesia (RNI)-ID Food dan PT Pos Indonesia (Persero), Intan menyerahkan sekitar 5.000 paket bantuan pangan, yaitu ayam segar dan telur. 

"Program penanganan stunting harus dilakukan secara kolaboratif, dari pusat turun ke bawah dan melibatkan pemerintah daerah serta BUMN," kata Intan saat menyerahkan bantuan di Kota Depok pada Rabu-Jumat (22-24 November 2023).

Baca juga : Praktisi Hukum: Iklan Susu Kreasi AI Tak Langgar UU Perlindungan Anak

Bantuan pangan yang paketnya berupa satu lusin telur ayam negeri dan satu ekor ayam segar per Kepala Keluarga (KK), diharapkan Intan yang dalam Pemilihan Anggota Legislatif Tahun 2024 akan maju kembali dari Dapil Jabar VI, dapat menangani stunting di Kota Depok. 

"Walaupun angka stunting di Kota Depok sudah baik, tapi tetap konsumsi pangan yang bergizi sangat dibutuhkan bagi masyarakat," kata Intan.

Intan menekankan, penanganan stunting tidak bisa dilaksanakan sendirian oleh Pemerintah Kota Depok. Apalagi jika berbicara alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), jumlahnya kurang memadai. Karenanya, perlu kolaborasi dengan Pemerintah Pusat. 

Baca juga : Tekan Kasus Stunting Di DKI, Ini Saran Anggota DPR Christina Aryani

"Alokasi anggaran dari pemkot, kemudian ditunjang anggaran dari APBN dan pendampingan dari BUMN, tentu akan lebih maksimal dalam pelaksanaan penanganan stunting," jelas Intan.

Khusus untuk keterlibatan BUMN, Intan menyatakan, perusahaan pelat merah tidak hanya mencari untung dalam menjalankan roda bisnis. Akan tetapi juga ada fungsi sosial, salah satunya mengentaskan angka stunting di tengah-tengah masyarakat. 

"Saya meminta agar amanah dari program pemerintah dimanfaatkan dengan baik dan benar, untuk gizi yang maksimal bagi anak-anak kita agar menjadi pemimpin hebat di masa mendatang," jelas Intan.

Baca juga : Redam Polarisasi Di Medsos, Gencarkan Narasi Persatuan

Paket satu lusin telur ayam negeri dan satu ekor ayam segar disalurkan kepada Keluarga Rawan Stunting se-Kota Depok. Antara lain, di Kecamatan Beji, Bojongsari, Cilodong, Cimanggis, Cinere, Cipayung, Limo, Pancoran, Sawangan, Sukmajaya dan Tapos.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.