Dark/Light Mode

Arti Dasi Kuning Presiden Jokowi Saat Hendak Ke Jepang Viral, Yuk Cek Jawabannya

Senin, 18 Desember 2023 18:28 WIB
Presiden Jokowi memegang dasi kuning yang dikenakannya sambil tersenyum, saat hendak bertolak ke Tokyo, Jepang, Sabtu (16/12) lalu. (Foto: Setpres/Rusman)
Presiden Jokowi memegang dasi kuning yang dikenakannya sambil tersenyum, saat hendak bertolak ke Tokyo, Jepang, Sabtu (16/12) lalu. (Foto: Setpres/Rusman)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi tampil beda ketika hendak bertolak ke Tokyo menghadiri KTT ASEAN-Jepang, Sabtu (16/12) lalu. Ia mengenakan dasi kuning, apa artinya?

Sejumlah spekulasi pun beredar, memaknai arti dari warna dasi yang dikenakan Jokowi hari itu. Banyak yang penasaran, hingga viral di media sosial. Karena biasanya merah, kali ini kuning.

Golkar misalnya. Partai yang mengusung kuning sebagai warna khasnya ini meyakini ada arti tersendiri di balik keputusan Jokowi memilih dasi tersebut.

Hal itu diutarakan oleh Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily. Dia bilang, dasi tersebut jelas adalah sinyal kuat bahwa Jokowi saat ini sangat dekat dengan partai kuning, yakni Golkar.

Karena partai beringin ini, sebutnya sangat loyal kepada presiden Jokowi. "Itu tanda-tanda. Itu jelas sinyal kuat," kata Ace dalam keterangannya kepada wartawan.

Jawaban Presiden Jokowi Saat Ditanya Arti Dasi Kuning

Awak media sempat menanyakan apa arti dasi kuning ini langsung ke RI 1, saat konferensi pers jelang keberangkatannya ke Tokyo. Tapi Jokowi tak menjelaskan secara eksplisit.

"Pak dasi kuning ada artinya nggak?" tanya wartawan ke presiden saat hendak meninggalkan ruang jumpa pers.

Baca juga : Ravindra: Jokowi Nyaman Dengan Warna Kuning

Langkah Jokowi sontak terhenti, usai mendengar pertanyaan itu. Lalu memperhatikan dan sempat memegang dasinya. 

"Masa enggak tahu," seloroh Jokowi dengan tersenyum lebar. 

Tanggapan Mensesneg Pratikno Soal Arti Dasi Kuning

Menteri Sekretaris Negara(Mensesneg) Pratikno ikut menanggapi alasan presiden Jokowi menggunakan dasi kuning.

Ia mengaku mendapat cerita dari Presiden Jokowi terkait pemilihan warna dasi, hingga mantan Wali Kota Solo ini memilih warna kuning.

"Tadi beliau cerita, kesulitan mencari dasi, yang ada saja dipakai," kata Pratikno singkat usai mengantar Presiden ke pesawat.

Selain dilihat dari sudut politik, arti dari dasi warna kuning dapat bervariasi tergantung pada konteksnya, baik budaya, situasi, dan preferensi individu. 

Sebagai contoh, berikut adalah beberapa arti umum yang mungkin ditemui:

Baca juga : Presiden Jokowi Sebut 3 Langkah Kunci Jaga Stabilitas ASEAN

- Kepribadian Positif

Dasi kuning dapat mencerminkan keceriaan, kegembiraan, dan kepribadian yang ramah. Warna kuning sering dikaitkan dengan sifat-sifat positif dan energi positif.

- Optimisme

Kuning sering dianggap sebagai warna yang mencirikan optimisme dan semangat positif. Dengan mengenakan dasi kuning, seseorang mungkin ingin menyampaikan pesan positif.

- Kreativitas dan Inovasi

Beberapa orang dapat mengaitkan warna kuning dengan kreativitas dan keberanian untuk berinovasi. Dasi kuning mungkin dipilih untuk mencerminkan sifat-sifat ini.

- Kehati-hatian

Baca juga : Supriansa: Pakai Dasi Kuning, Jokowi Sayang Golkar

Dunia sepakat bahwa warna kuning menjadi tanda kehati-hatian dalam rambu lalu lintas.

Sementara dalam sepak bola, kartu kuning merupakan tanda yang diberikan wasit ketika terjadinya pelanggaran ringan atau tidak sportif yang dilakukan oleh pemain.

- Konteks Budaya

Arti warna juga dapat bervariasi dalam konteks budaya. Misalnya, dalam beberapa budaya, kuning dapat memiliki makna keberuntungan atau spiritualitas.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.