Dark/Light Mode

Resmikan 5 Titik Sumber Air Bersih Di Kuningan, Prabowo: Atasi Kesulitan Rakyat

Rabu, 20 Desember 2023 18:25 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat meresmikan sumber air bersih di Kuningan, Jawa Barat, Rabu (20/12). (Foto: Tim Media Prabowo Subianto)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat meresmikan sumber air bersih di Kuningan, Jawa Barat, Rabu (20/12). (Foto: Tim Media Prabowo Subianto)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto kembali meresmikan sumber air bersih. Kali ini Desa Pamupukan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Rabu (20/12). 

Warga setempat, termasuk anak-anak terlihat sangat antusias menunggu kedatangan Prabowo. Meski harus berdesak-desakkan di bawah terik sinar matahari.

Usai Prabowo menekan tombol sirine yang menandakan telah resminya penyerahan proyek bantuan air bersih di Kabupaten Kuningan itu, ia bergegas menghampiri anak-anak tersebut.

Tangan Prabowo pun ditarik oleh anak-anak hingga Prabowo juga sempat membasuh mukanya menggunakan sumber air bersih yang baru diresmikannya.

Baca juga : Prabowo Resmikan 5 Titik Bantuan Air Bersih Di Kabupaten Kuningan

Sumber titik air bersih ini adalah bantuan dari Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan Universitas Pertahanan (Unhan) di wilayah Kuningan, Jawa Barat dalam rangka riset dan pengabdian untuk masyarakat.

Proyek ini tersebar di lima desa diantaranya, Desa Pamupukan Kecamatan Ciniru, Desa Sumberjaya Kecamatan Ciwaru, Desa Cipedes Kecamatan Ciniru, Desa Pakapasan Girang Kecamatan Hantara dan Desa Cirukem Kecamatan Garawangi.

Prabowo mengatakan, program sumber air bersih merupakan ikhtiar untuk memecahkan persoalan rakyat. 

"Kita terus akan berjuang mengatasi kesulitan rakyat di manapun," kata Prabowo. 

Baca juga : Gerakan Muda Islam Apresiasi Sumbangan Mobil Prabowo Untuk Perawatan Masjid

Prabowo mengapresiasi seluruh elemen, terutama pakar dari Universitas Pertahanan (Unhan) RI yang telah mewujudkan proyek bantuan air yang kini telah mencapai 105 titik di berbagai wilayah Indonesia. 

Ia pun meminta Unhan untuk melakukan riset lebih dalam terkait temuan titik air yang dapat diberdayakan untuk membantu masyarakat. 

"Saya sudah peringatkan juga Unhan RI untuk melakukan riset tentang tidak hanya mencari (sumber) air yang sekarang kita kenal berada di darat," ujar Prabowo. 

"Tapi cari juga sumber-sumber air di tempat lain (seperti) di lepas pantai, atau sungai-sungai yang ada di bawah tanah," sambungnya. 

Baca juga : Terima Deklarasi Dukungan Generasi Muda Islam, Prabowo: Ini Membesarkan Hati Saya

Tidak hanya fokus mengatasi kekeringan, Prabowo juga menyoroti masalah lingkungan. Prabowo mengatakan selain satuan tugas (satgas) air, Unhan juga mulai membentuk satgas yang akan melakukan langkah reboisasi.

"Unhan RI saya perintahkan membentuk satgas air dan sekarang membentuk satgas perbenihan untuk reboisasi, untuk (menanam kembali) hutan untuk menyebarkan benih-benih buah dan pohon-pohon," jelas Prabowo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.