Dark/Light Mode

Wow! Contraflow Kembali Diterapkan Di Tol Jakarta-Cikampek Antisipasi Kepadatan

Minggu, 24 Desember 2023 10:04 WIB
Gerbang Tol Cikampek Utama I. (Foto: Fazri/RM)
Gerbang Tol Cikampek Utama I. (Foto: Fazri/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang libur Natal dan Tahun Baru 2024, arus lalu lintas di jalan tol Jakarta-Cikampek mengalami peningkatan signifikan. Sebagai respons terhadap kondisi ini, petugas kembali menerapkan sistem contraflow.

VP Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol, Ria Marlinda Paalo, dilansir Antara menyampaikan bahwa keputusan untuk menerapkan contraflow diambil pada Minggu pagi, sejak pukul 8.20 WIB. Contraflow kali ini diterapkan pada satu lajur dari KM 55 hingga KM 65 arah Cikampek.

Baca juga : Unas Kembali Hadirkan Pembicara Sospol Dunia dalam ICOSOP Ketiga

Contraflow, sebuah sistem pengaturan lalu lintas yang mengubah arah normal arus kendaraan di jalan tol, menjadi solusi taktis petugas dalam mengatasi peningkatan volume lalu lintas yang terjadi selama libur panjang ini.

Sebelumnya, pada Sabtu (23/12), petugas juga menerapkan contraflow sepanjang hari akibat padatnya arus lalu lintas. Sebagai upaya tambahan, PT Jasamarga Transjawa Tol meningkatkan pelayanan transaksi di Gerbang Tol Cikampek Utama.

Baca juga : Stok Daging Di Jakarta Cukup Sampai Lebaran

Total 18 gardu tol dioperasikan, dari kondisi normal 15 gardu tol. Selain itu, disiagakan tambahan 16 unit "mobile reader" guna mempercepat kapasitas transaksi.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 53 ribu kendaraan meninggalkan Jakarta melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari Gerbang Tol Cikampek Utama pada Sabtu (23/12) atau H-2 Natal. 

Baca juga : Hari Ini MK Kembali Putuskan Soal Syarat Usia Capres-Cawapres, Anwar Usman Tak Dilibatkan

Upaya ini dilakukan untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas menuju arah jalan Tol Cipali pada musim libur Natal dan Tahun Baru.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.