Dark/Light Mode

Kenang Nyantri Saat Kecil, Mahfud Nginep Di Ponpes Nurul Qarnain Jember

Kamis, 28 Desember 2023 21:11 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD yang juga Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3 nostalgia nginep seperti santri di Ponpes Nurul Qarnain, Jember, Kamis (28/12/2023) malam. Foto: Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD yang juga Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3 nostalgia nginep seperti santri di Ponpes Nurul Qarnain, Jember, Kamis (28/12/2023) malam. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Memungkasi kunjungan hari pertamanya di Jawa Timur, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD yang juga Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3 bermalam di salah satu Ponpes di Jember.

Tepatnya, Mahfud nginep seperti santri di Ponpes Nurul Qarnain, Jember, Kamis (28/12/2023) malam.

Kedatangan Mahfud di Ponpes disambut ribuan santri yang berbaris rapi. Pengasuh Ponpes Nurul Qarnain, Jember, KH. Yazid Karimullah beserta kiai lainnya menyambut Mahfud turun dari kendaraannya.

Sebelum masuk ke salah satu bilik, Mahfud mengisi sejumlah kegiatan di Ponpes ini. Dari mulai salat berjamaah, doa dan tahlil, hingga shalawatan bersama ribuan santri.

Baca juga : SIM Keliling Bogor Sabtu 23 Desember, Hadir Di Plaza Jambu 2

Usai salat berjamaah, Mahfud didoakan Kiai Yazid diamini oleh ribuan santri. Setelahnya, Mahfud berjalan menuju sebuah aula untuk dialog dan bercengkerama dengan para santri.

Di tengah perjalanan itu, Mahfud kembali disambut ribuan santri putri yang melantunkan shalawat badar. Mahfud tak sungkan mendatangi dan menyalami para santriwati tersebut.

Setelah berbagai kegiatan itu, di depan bilik tempat dia beristirahat, Mahfud mengaku rindu suasana pesantren. Ingatannya terlempar ke masa kecilnya yang pernah nyantri di Ponpes Al Mardhiyyah, Pamekasan, Madura.

"Ingatan saya kembali. Salat berjamaah, ngaji bareng, bangun malam, salat tahajud. Di pesantren ini yang dirindukan suara orang sahut menyahut mengaji, enak didengar," ungkap Mahfud.

Baca juga : Sudah Banyak Baca, Mahfud Siap Debat Cawapres Malam Ini

Kata Mahfud, saat dirinya nyantri, ponpesnya masih jauh dari kemajuan. Baik teknologi maupun bangunan sarana dan prasarananya.

"Malah kamar saya dulu terbuat dari bilik bambu sederhana. Dulu mencari kayu untuk memasak," katanya.

Sekarang ini, kata Mahfud, Ponpes jauh lebih maju. Sarana dan prasarana mudah dijangkau para santri.

"Sudah ada listrik, sudah pada maju pesantren sekarang. Boleh mengikuti perkembangan zaman, tapi ruhnya kan masih tetap. Belajar kitab kuning, dibekali moral, akidah dan akhlak," sebutnya.

Baca juga : SIM Keliling Bogor Jumat 22 Desember, Hadir Di Plaza Jambu 2

Keesokan harinya, Jum'at (28/12/2023) Mahfud berencana sowan ke PP Bustanul Makmur, Genteng-Banyuwangi, Ponpes Minhajut Thullab, Muncar, Banyuwangi, hingga menggelar pertemuan dengan para nelayan di Banyuwangi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.