Dark/Light Mode

Ganjar Ajak Masyarakat Jadi Pemilih Cerdas

Jumat, 29 Desember 2023 17:42 WIB
Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo saat menghadiri acara deklarasi dukungan dari GMNI untuk Ganjar-Mahfud MD di Gedung Serbaguna Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis (28/12/2023). Foto: Istimewa
Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo saat menghadiri acara deklarasi dukungan dari GMNI untuk Ganjar-Mahfud MD di Gedung Serbaguna Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis (28/12/2023). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengimbau kepada masyarakat untuk menjadi pemilih cerdas di Pilpres 2024 mendatang.

Kata Ganjar, setiap orang diberi tanggung jawab untuk memberikan pendidikan politik kepada rakyat. Tujuannya supaya rakyat tidak dibohongi oleh jargon, program dan gimmick yang ditawarkan oleh pasangan Capres dan Cawapres.

Baca juga : Libur Natal Lancar, Masyarakat Apresiasi Polri Terapkan Rekayasa Lalu Lintas

"Mari kita makin kritis pada soal jargon, progam, dan gimmick. Karena dibalik politik yang besar, debat yang ditonton, tepuk tangan yang sangat meriah sebenarnya ada tanggung jawab moral kita untuk melakukan pendidikan politik kepada rakyat. Jangan bohongi rakyat," kata Ganjar saat menghadiri acara deklarasi dukungan dari GMNI untuk Ganjar-Mahfud MD di Gedung Serbaguna Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis (28/12/2023).

Ganjar pun menyinggung salah satu program dari paslon tertentu. Ganjar heran dengan program tersebut. "Rp 400 triliun digunakan untuk makan siang?” tanya mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca juga : Relawan Ganjar-Mahfud Gencarkan Sosialisasi Wujudkan Pemilih Cerdas Dan Kritis

Sebelumnya, Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Ahmad Akbar Susanto meminta setiap paslon tidak menebar janji yang tidak bisa ditepati kepada rakyat.

"Yang perlu diingat oleh masing-masing calon adalah anggaran pemerintah itu terbatas. Semestinya tidak terlalu mudah membuat janji yang tidak bisa direalisasikan," ucap Akbar.

Baca juga : Bank Mandiri Peringkat Teratas Kredit Sindikasi

Dia menilai, 21 program yang ditawarkan Ganjar-Mahfud lebih baik dan realistis dibandingkan program-program paslon lain.

"Sebanyak 21 program Ganjar agak mendingan kalau dibandingkan program Prabowo yang muter-muter soal makan siang. Itu masih perlu diuji gagasan detailnya," sebut Akbar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.