Dark/Light Mode

BPIP Angkat 64 Purnapaskibraka Jatim Jadi Duta Pancasila

Jumat, 22 Desember 2023 13:52 WIB
Pelantikan Duta Pancasila. (Foto: Ist)
Pelantikan Duta Pancasila. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Rima Agristina menghadiri Pengangkatan dan Penetapan Purnapaskibraka Duta Pancasila Provinsi Jawa Timur Tahun 2022.

Acara yang diselenggarakan di Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis (21/12). 

Dalam kesempatan itu, Rima mengatakan, pengangkatan tersebut bermakna bahwa adik-adik wajib memegang teguh konsensus terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Baca juga : Pelunasan Biaya Haji Bisa Dicicil

Dalam acara itu, sebanyak 64 Purnapaskibraka hadir secara luring dan ratusan Purnapaskibraka hadir secara daring yang berasal dari beragam daerah di Provinsi Jawa Timur. 

"Adik-adik telah belajar dan berlatih sistem Desa Bahagia pada saat pemusatan Diklat Paskibraka, maka wujudkanlah nilai-nilai Pancasila dalam Tindakan di berbagai bidang. Perkuat rasa kebangsaan, persatuan dan kesatuan, cinta tanah air serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Rima.

Purnapaskibraka yang diangkat menjadi Duta Pancasila ini diharapkan menjadi generasi emas di masa yang akan datang dengan menjunjung tinggi setiap nilai dalam Pancasila sebagai ideologi bangsa. 

Baca juga : Penguatan Karakter Generasi Muda Melalui Pendidikan Pancasila

Dewan Pakar BPIP, Ermaya Suradinata menambahkan, Pancasila hanya ada di Indonesia. Namun nilai-nilai Pancasila sudah menyebar ke dunia. Bahkan, António Guterres selaku Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa menjadikan Bhinneka Tunggal Ika sebagai pedoman pembangunan baik negara maju maupun negara berkembang di seluruh dunia. 

"Berbeda-beda tetapi tetap satu jua, kebenaran dari Pancasila tidak ada yang mendua. Maka, adik-adik yang baru saja diangkat sebagai Duta Pancasila sebagai calon pemimpin di masa depan merupakan langkah yang sangat tepat," kata Ermaya. 

Staf Ahli Gubernur Jawa Timur, Budi Raharjo turut mengemukakan pandangannya terkait peran Pancasila pada pengangkatan Purnapaskibraka Duta Pancasila. "Dengan membawa semangat, serta kebhinekaan dan keadilan, edukasi Pancasila tidak sekedar mengajarkan tetapi juga menginspirasi untuk terus mengembangkan instrumen-instrumen nilai Pancasila yang relevan yang realistis untuk bangsa ini. Jiwa nasionalisme, patriotisme adalah nilai-nilai unggul yang tercantum di dalam Pancasila," tegasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.