Dark/Light Mode

Gelar Bakti Sosial Cek Kesehatan Gratis

Relawan Ganjar-Mahfud Bikin Warga Setiling Lombok Bahagia

Minggu, 31 Desember 2023 13:32 WIB
SDG bersama relawan Ganjar-Mahfud NTB mengadakan bakti sosial pengobatan gratis di Pondok Pesantren Uluumul Quran Setiling. (Foto: Ist)
SDG bersama relawan Ganjar-Mahfud NTB mengadakan bakti sosial pengobatan gratis di Pondok Pesantren Uluumul Quran Setiling. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dedikasi untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat selalu digalakkan sukarelawan Ganjar-Mahfud Nusa Tenggara Barat (NTB). Salah satu hal yang diperhatikan adalah kondisi kesehatan masyarakat.

Bakti sosial cek kesehatan gratis menjadi bukti nyata loyalis pasangan capres-cawapres nomor urut 3 itu menjaga komitmen untuk terus menebar kebermanfaatan. 

Agenda ini digelar di Pondok Pesantren Uluumul Quran Setiling, Desa Setiling, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, Sabtu (30/12/2023).

Baca juga : Relawan Ganjar-Mahfud Kembangkan Potensi Lokal Untuk Genjot Perekonomian Warga

Koordinator Wilayah Santri Dukung Ganjar (SDG) NTB, Haerul Fahri mengatakan cek kesehatan gratis dirancang sebagai upaya mewujudkan masyarakat sehat melalui skrining penyakit tidak menular (PTM) diantaranya kadar gula darah, tekanan darah, serta asam urat.

"SDG bersama relawan Ganjar-Mahfud NTB mengadakan bakti sosial pengobatan gratis di Pondok Pesantren Uluumul Quran Setiling. Masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan ini, ada beberapa hal yang kita siapkan masyarakat bisa memeriksakan kesehatannya seperti asam urat, gula darah, dan penyakit-penyakit lainnya," kata Fahri di lokasi.

Cek kesehatan gratis ini melibatkan delapan tenaga kesehatan (nakes). Masyarakat bisa mengonsultasikan kondisi kesehatannya serta mendapatkan obat-obatan secara cuma-cuma.

Baca juga : Relawan GSP Sumut Temui Warga Sambil Bagikan Susu Gratis

Kesehatan tubuh adalah suatu hal yang penting untuk dijaga karena modal utama untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Mayoritas peserta pada hari ini adalah kelompok lanjut usia (lansia) dan santri.

Fahri mengimbau kepada masyarakat agar tetap memperhatikan segala faktor yang memengaruhi kesehatan. Misalnya dengan asupan gizi yang cukup, rajin berolahraga, serta menjaga postur tubuh.

"Jadi kan ada peserta yang ikut masyarakat yang ikut hari ini ada lansia ada juga anak muda lah, ada yang mendeteksi kesehatan seperti gula darah dan cek tensi apalagi mereka sudah lanjut usia mungkin bisa di normalisasikan," tutup Fahri.

Baca juga : Relawan Ganjar-Mahfud Sampaikan Pesan Untuk Menjadi Pemilih Cerdas

Sudah lama masyarakat Desa Setiling menantikan pengecekan kesehatan dan berobat gratis seperti ini. Nurul Hasanah (45) salah seorang masyarakat Desa Setiling merasakan manfaat dari agenda positif sukarelawan Ganjar-Mahfud.

"Cek kesehatan (tadi) asam urat, sama penyakit-penyakit lainnya. Itu di cek darahnya normal, cuma naik sedikit tekanannya. Seneng sekali kita karena selama ini memang ini yang kita perlukan, sangat-sangat kita perlukan masalah cek kesehatan. (Sebelumnya) belum ada sama sekali (cek kesehatan gratis seperti ini)," kata Nurul.

Sebagai informasi, selain cek kesehatan gratis, relawan Ganjar-Mahfud juga memberikan stimulus alat-alat kebersihan kepada Ponpes Uluumul Quran Setiling.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.