Dark/Light Mode

Survei Nusantara Strategic Network

80,8 Persen Puas, Publik Dukung Keberlanjutan Program Jokowi Pasca-Pilpres

Senin, 1 Januari 2024 10:25 WIB
Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi temuan survei Nusantara Strategic Network (NSN). (Foto: Ist)
Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi temuan survei Nusantara Strategic Network (NSN). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ajang Pemilu 2024 menjadi sangat strategis dan menentukan bagi arah Indonesia ke depan, setelah dua periode pemerintahan Presiden Jokowi. Temuan survei Nusantara Strategic Network (NSN) menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi mencapai rekor 80,8 persen.

Dari sebanyak itu, di antaranya 11,0 persen menyatakan sangat puas dipimpin oleh Jokowi. Hanya 16,4 persen yang menyatakan tidak puas, termasuk 2,6 persen yang merasa tidak puas sama sekali. Sisanya menyatakan tidak tahu/tidak jawab sebanyak 2,8 persen.

Baca juga : Deklarasi Di GBK, GMNI Resmi Dukung Ganjar Pranowo Di Pilpres 2024

Angka kepuasan tersebut naik dalam kurun tiga bulan terakhir dan bertahan di atas kisaran 80 persen. Tingginya tingkat kepuasan menuju gelaran pemilu yang akan memilih kepemimpinan baru pasca-Jokowi menjadi menarik untuk dicermati.

Aspirasi publik menginginkan keberlanjutan program-program yang sudah dilakukan Jokowi setelah hajatan pemilu kali ini. Tentu saja ada yang merasa tidak puas dan menginginkan perubahan, tetapi jumlahnya minoritas.

Baca juga : 82,7 Persen Puas, Publik Pilih Capres Komit Keberlanjutan Program Jokowi

“Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi mencapai 80,8 persen, menunjukkan bahwa publik mendukung keberlanjutan program Jokowi dari hasil Pemilu 2024,” kata Direktur Program NSN Huslidar Riandi di Jakarta pada Senin (1/1/2024). 

Menurut Riandi, figur capres-cawapres yang berlaga pada Pilpres 2024 merepresentasikan tendensi yang ada. Wacana keberlanjutan mendominasi, di mana hampir semua tokoh berada di kubu tersebut, kecuali Anies Baswedan yang sejak awal menarasikan perubahan.

Baca juga : PP Pemuda Katolik Dorong Keberlanjutan Program Pemerintah

Survei Nusantara Strategic Network (NSN) dilakukan pada 23-27 Desember 2023, secara tatap muka kepada 1.200 responden mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Metode survei adalah multistage random sampling, dengan margin of error ±2,9 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.