Dark/Light Mode

Gempa Terkini Guncang Pangandaran, Magnitudo 3,7 Episenter Di Laut

Selasa, 2 Januari 2024 08:32 WIB
Ilustrasi pusat gempa di Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (2/1). (Foto: BMKG)
Ilustrasi pusat gempa di Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (2/1). (Foto: BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa berkekuatan magnitudo 3,7 mengguncang wilayah Pangandaran, Jawa Barat, sekitar pukul 08:03 WIB, Selasa (2/1).

Pusat gempa berlokasi di laut, sekitar 72 km Barat Daya Kabupaten Pangandaran, dengan kedalaman 14 km.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan pusat gempa berada pada koordinat 8.35 LS dan 108.47 BT. Itu artinya episenter gempa berada di laut, jauh dari daratan. 

Baca juga : Gempa Terkini M 4,5 Guncang Kabupaten Sumedang, Terasa Hingga 6 Wilayah

Meskipun pusat gempa berada di laut, guncangan dirasakan hingga ke Pangandaran dan beberapa wilayah di sekitarnya.

Gempa ini dirasakan dengan intensitas MMI (Modified Mercalli Intensity) level II di beberapa wilayah, termasuk Pangandaran, Legokjawa, Sindangsari, dan Cikalong. 

Intensitas ini mengindikasikan bahwa gempa terasa oleh beberapa orang, terutama yang berada dalam ruangan, namun tidak menyebabkan kerusakan. Belum ada laporan korban atau kerusakan akibat gempa tersebut.

Baca juga : Gempa Terkini Guncang Wilayah Cianjur, Jawa Barat: Magnitudo 3,8

Gempa menjadi pengingat penting bagi masyarakat untuk selalu memiliki kesiapsiagaan menghadapi bencana alam. 

Sebab Indonesia adalah sebuah negara yang terletak di Ring of Fire. Respons cepat dan kesiapsiagaan masyarakat menjadi kunci dalam menghadapi potensi risiko bencana ini. 

Semua pihak, termasuk pemerintah, BMKG, dan masyarakat, perlu bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan tangguh terhadap gempa bumi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.