Dark/Light Mode

Gempa Terkini M 4,5 Guncang Kabupaten Sumedang, Terasa Hingga 6 Wilayah

Senin, 1 Januari 2024 22:07 WIB
Ilustrasi pusat gempa di Sumedang, Senin (1/1). Foto: BMKG
Ilustrasi pusat gempa di Sumedang, Senin (1/1). Foto: BMKG

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa dengan magnitudo 4,5 mengguncang wilayah Kabupaten Sumedang, pada pukul 20:46 WIB, Senin (1/1).

Pusat gempa terdeteksi di darat, sekitar 4 km utara Kabupaten Sumedang, dengan kedalaman 10 km. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa terletak di koordinat 6.82 LS, 107.92 BT.

Baca juga : Gempa M7,6 Guncang Jepang, 3 Prefektur Kena Peringatan Tsunami

Meskipun berada di darat, BMKG menyebutkan beberapa kota terdekat ikut merasakan guncangan gempa tersebut.

Adapun intensitas guncangan diukur menggunakan Modified Mercalli Intensity (MMI), yakni sistem pengukuran yang digunakan untuk menilai dampak atau intensitas guncangan gempa bumi pada permukaan bumi di berbagai lokasi

Beberapa daerah mencapai tingkat MMI III, seperti di Rancakalong, Jatinangor, dan Bandung. Getaran MMI III ini dirasakan nyata di dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Baca juga : Gempa Terkini Guncang Wilayah Cianjur, Jawa Barat: Magnitudo 3,8

Sementara di Cirebon, Garut dan Subang, tingkat guncangan berada pada level MMI II yakni getaran hanya dirasakan oleh beberapa orang, tapi benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sebelumnya, pada malam pergantian tahun gempa dengn kekuatan yang lebih besar juga mengguncang Sumedang. Yakni mencapai Magnitudo 4,8.

Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Muhammad Wafid menyebutkan data Badan Geologi (BG) daerah Sumedang secara umum tersusun oleh tanah sedang (kelas D) dan tanah keras (kelas C). 

Baca juga : Rentetan Gempa Guncang Wilayah Sumedang, Begini Analisis Geologinya

Wilayah ini secara umum tersusun oleh endapan kuarter berupa batuan rombakan gunung api dan endapan danau.

"Sebagian batuan tersebut telah mengalami pelapukan. Endapan kuarter secara umum bersifat lunak, lepas, belum kompak (unconsolidated) dan memperkuat efek guncangan, sehingga rawan gempa bumi," terang Wafid.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.