Dark/Light Mode

Gempa Terkini Magnitudo 5,0 Guncang Ternate, Apakah Berpotensi Tsunami?

Rabu, 17 Januari 2024 03:50 WIB
Ilustrasi episenter gempa terkini di Ternate, Rabu dini hari (17/1). (Foto: BMKG)
Ilustrasi episenter gempa terkini di Ternate, Rabu dini hari (17/1). (Foto: BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebuah gempa tektonik dengan magnitudo 5,0 mengguncang wilayah Ternate, Maluku Utara, pada Hari Rabu, (17/1), pukul 01.03 WIB. 

Dari hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), menunjukkan bahwa gempa terkini ini memiliki magnitudo 4,8 dan episenter terletak di laut sekitar 130 km arah barat laut Jailolo, Maluku Utara, dengan kedalaman 28 km. Tepatnya terletak pada koordinat 1,46° LU ; 126,36° BT.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Dr Daryono mengatakan gempabumi ini termasuk dalam kategori dangkal dan dipicu oleh aktivitas subduksi di Laut Maluku. 

Baca juga : Warga Panik! BMKG Sebut Gempa Magnitudo 5,3 Di Mentawai Tak Berpotensi Tsunami

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik (oblique thrust)," ungkap Daryono dalam keterangannya.

Guncangan gempa tektonik ini dirasakan di daerah Bitung dan Ternate dengan skala intensitas II MMI, yang berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. 

Meskipun berdampak lokal, BMKG memastikan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Baca juga : Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Banten, Apa Berpotensi Tsunami? Ini Kata BMKG

Hingga pukul 01.30 WIB, belum ada aktivitas gempabumi susulan atau aftershock yang tercatat oleh BMKG. 

Daryono mengimbau masyarakat untuk tetap tenang, tidak terpengaruh isu yang belum dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, dan berhati-hati terutama terhadap bangunan yang mungkin mengalami kerusakan akibat gempa. 

"Pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," imbaunya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.