Dark/Light Mode

Gempa M5,0 Getarkan Garut, Tak Berpotensi Tsunami

Minggu, 31 Desember 2023 12:41 WIB
Peta lokasi gempa di Garut, yang berjarak 90 km arah barat daya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Minggu (31/12/2023). (Foto: BMKG)
Peta lokasi gempa di Garut, yang berjarak 90 km arah barat daya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Minggu (31/12/2023). (Foto: BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa bermagnitudo 5,0 mengguncang wilayah Garut, Jawa Barat, Minggu (31/12/2023) pukul 11.52.34 WIB.

Menurut penjelasan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berlokasi di 8.22 LS, 107.87 BT.

Baca juga : Nih..., 3 Potensi Kecurangan Pemilu

Pusat gempa berada di Garut, yang berjarak 90 km arah barat daya Kabupaten Pangandaran.

Getaran gempa berkedalaman 10 km itu terasa dalam skala MMI II-III di Garut, II di Banjar.

Baca juga : Kemenperin Garap Standar Baterai Motor Listrik

Dalam gempa skala MMI II, getaran terasa dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan dalam gempa skala MMI III, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

BMKG meyakini, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.