Dark/Light Mode

Gempa M7,6 Guncang Jepang, 3 Prefektur Kena Peringatan Tsunami

Senin, 1 Januari 2024 15:25 WIB
Peta lokasi gempa M7,6 di Jepang, Senin (1/1/2024). (Foto: Istimewa)
Peta lokasi gempa M7,6 di Jepang, Senin (1/1/2024). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa bermagnitudo awal 7,6 dilaporkan mengguncang wilayah tengah Jepang, Senin (1/1/2024).

Buntut gempa besar ini, Badan Meteorologi Jepang menerbitkan peringatan tsunami untuk tiga prefektur: Ishikawa, Niigata, dan Toyama. Warga setempat pun diminta segera mengevakuasi diri.

Baca juga : Rentetan Gempa Guncang Wilayah Sumedang, Begini Analisis Geologinya

Menurut laporan NHK, tsunami setinggi sekitar 1 meter telah menerjang sebagian pantai di sepanjang Laut Jepang. Gelombang yang lebih besar, diperkirakan masih mungkin terjadi.

Merespons situasi ini, Hokuriku Electric Power langsung mengecek kondisi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) miliknya.

Baca juga : Gempa M4,1 Guncang Sumedang, Getaran Terasa Sampai Kota Bandung

Sementara Juru Bicara Kansai Electric Power mengatakan, PLTN-nya relatif aman tak ada kendala. Namun, pihaknya berjanji akan terus memantau situasi dengan cermat.

Jepang yang terletak di wilayah Cincin Api Pasifik, terhitung sering dilanda gempa. Karena di dalam zona Cincin Api tersebut, terdapat lempeng tektonik yang saling berinteraksi.

Baca juga : Gempa M5,0 Getarkan Garut, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa besar dan tsunami pernah melanda timur laut Jepang pada 11 Maret 2011. Gempa ini memicu tsunami yang merenggut 20 ribu korban jiwa dan kecelakaan nuklir Fukushima.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.