Dark/Light Mode

Tanggal 2 Februari 2024 Hari Apa? Ternyata Ada Perayaan Dan Sejarah Penting Ini

Jumat, 2 Februari 2024 16:43 WIB
Ilustrasi bulan Februari. (Foto: Freepik)
Ilustrasi bulan Februari. (Foto: Freepik)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tanggal 2 Februari trending di mesin pencari Google, hari ini. Meskipun bukan tanggal merah. Sebenarnya tanggal 2 Februari memperingati hari apa?

Setidaknya ada 2 perayaan penting di tanggal 2 Februari yang tahun ini jatuh pada hari Jumat. Pertama, Hari Lahan Basah Sedunia. Kedua, Hari Kesadaran Rheumatoid Arthritis.

Selain itu, tanggal 2 Februari juga punya makna penting di negara-negara tertentu. Karena merupakan sejarah penting yang selalu diingat hingga saat ini.

Berikut ini ulasan singkatnya:

Hari Lahan Basah Sedunia

Baca juga : Jadwal Pencoblosan Di Jeddah Dimajukan

Menurut indonesia.wetlands.org, Hari Lahan Basah Sedunia adalah kampanye global yang bertujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya lahan basah. 

Peringatan ini berasal dari Konvensi Ramsar, yang telah ditandatangani oleh 172 negara.

Tujuan dari peringatan Hari Lahan Basah adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang manfaat lahan basah bagi makhluk hidup. 

Beberapa manfaat lahan basah termasuk menyaring dan menyediakan pasokan air, melindungi dari banjir dan badai, menyimpan karbon, dan menjaga keanekaragaman hayati.

Hari Kesadaran Rheumatoid Arthritis

Baca juga : Ini Daftar Tanggal Merah Februari 2024 Menurut SKB 3 Menteri, Siap-siap Libur!

Tanggal 2 Februari juga diperingati sebagai Hari Kesadaran Rheumatoid Arthritis. Peringatan ini dicetuskan oleh The Rheumatoid Patient Foundation pada tahun 2013. 

Tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran publik tentang penyakit ini, yang merupakan penyakit autoimun yang dapat menyerang sendi dan menyebabkan peradangan serta kondisi berbahaya lainnya. Konon kabarnya, sampai saat ini belum ditemukan obatnya.

Kemudian, di laman timeanddate.con mencatat banyak sejarah penting terjadi di tanggal 2 Februari di tahun-tahun yang silam. Berikut beberapa di antaranya:

- 1990: Sistem Apartheid di Afrika Selatan, sistem segregasi rasial, mulai runtuh. Presiden de Klerk mengumumkan pencabutan larangan terhadap Kongres Nasional Afrika (ANC) dan niatnya untuk membebaskan Nelson Mandela.

Baca juga : Tekuk FajRi, The Babies Jaga Asa Pertahankan Gelar

- 1943: Pertempuran Stalingrad berakhir dengan penyerahan Poros. Kekalahan Jerman menjadi titik balik dalam Perang Dunia II.

- 1925: 20 musher memulai perjalanan membawa obat-obatan ke Nome, Alaska, menginspirasi perlombaan anjing kereta luncur Iditarod. Iditarod adalah perlombaan kereta luncur anjing terpanjang dan paling menantang di dunia.

1922: "Ulysses" karya James Joyce diterbitkan. Novel ini dianggap sebagai salah satu karya penting dalam sastra modernis.

1852: Toilet flush umum pertama dibuka di London. Menggunakan "Public Waiting Room" di 95 Fleet Street dikenakan biaya 2 peni.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.