Dark/Light Mode

PMI Hanya Libur Kerja Hari Jumat

Jadwal Pencoblosan Di Jeddah Dimajukan

Rabu, 31 Januari 2024 06:45 WIB
Ketua KPU Hasyim Asy’ari. (Foto: Antara)
Ketua KPU Hasyim Asy’ari. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan memajukan hari pencoblosan Pemilu 2024 di Jeddah, Arab Saudi. Jadwal semula Sabtu, 10 Februari menjadi Jumat, 9 Februari 2024.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan, perubahan jadwal pencoblosan di Jeddah karena faktor ketersediaan tempat yang representatif untuk melakukan pe­mungutan suara.

Dalam proses pencarian awal, kata dia, sangat sulit mencari tempat untuk Kotak Suara Keliling (KSK) di Mekah yang tersedia pada Jumat, 9 Februari 2024

Baca juga : Ganjar Belajar Dari Rumah Pengasingan Bung Hatta Di Maluku

“Tempat yang tersedia rata-rata hari Sabtu, 10 Februari. Karena faktor teng­gat waktu, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Jeddah saat itu memutuskan tanggal 10 Februari,” ujar Hasyim dalam keterangannya, Selasa (30/1/24).

Mengingat Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) bahwa pencoblosan mela­lui KSK tidak boleh diadakan sesudah pencoblosan melalui Tempat Pemungutan Suara (TPS), kata Hasyim, maka rencana TPS Jeddah juga harus dilaksanakan pada 10 Februari 2024.

“PPLN kemudian mengusulkan tang­gal tersebut (Sabtu, 10 Februari 2024) kepada KPU,” jelas Komisioner KPU dua periode ini.

Baca juga : Marshanda, Suami Belum Jadi Kebutuhan Utama

Namun, kata Hasyim, saat tanggal terse­but disosialisasikan, banyak pihak, khusus­nya calon pemilih berkeberatan. Mereka meminta agar diadakan pada Jumat. Alasannya, kebanyakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Arab Saudi mendapat­kan libur kerja hanya hari Jumat.

PPLN Jeddah pun kembali berusaha secara intensif mencari tempat dan akh­irnya mendapatkan dua tempat (hotel) yang tidak saja tersedia untuk tanggal 9 Februari, tapi juga sangat representatif.

Hasyim mengatakan, setelah berkonsul­tasi dengan para stakeholder, PPLN Jeddah akhirnya mengajukan usulan perubahan tanggal pemungutan suara, dari 10 Februari 2024 menjadi 9 Februari 2024.

Baca juga : Ganjar Janji Tambah Anggaran Kesehatan, Biaya Pendidikan Dokter Ditekan

“Dengan perubahan tanggal KSK di Mekah menjadi 9 Februari, otomatis pelaksanaan TPS di Jeddah dapat di­adakan pada tanggal yang sama, sesuai harapan banyak pihak,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.