Dark/Light Mode

Prabowo-Gibran Ungguli Anies-Muhaimin Dan Ganjar-Mahfud Di Rutan KPK

Rabu, 14 Februari 2024 18:54 WIB
Foto: Oktavian/RM
Foto: Oktavian/RM

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengungguli dua rivalnya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar-Pranowo Mahfud MD, di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 901 yang berlokasi di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 901 Yuri Gunarto mengungkapkan, Prabowo-Gibran meraih 38 suara tahanan KPK.

Menyusul Anies-Muhaimin dengan 24 suara, dan Ganjar-Mahfud dengan 9 suara.

"Anies 24 suara, Prabowo 38 suara, dan Ganjar 9 suara," kata Yuri kepada wartawan, di TPS 901 Rutan Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2024).

Baca juga : Prabowo-Gibran Menang Di Jakarta, Bang Zaki Happy

Jumlah pemilih di TPS Rutan KPK ada 76 orang. Suara sah yang masuk sebanyak 71 dan suara tidak sah ada 5.

Yuri mengatakan, 5 suara yang tidak sah karena pemilih mencoblos lebih dari satu paslon.

Kepala Bagian (Kabag) Pemberitaan KPK Ali Fikri menyatakan, pemungutan suara di Rutan Gedung Merah Putih KPK berlangsung tertib dan kondusif.

“Dimulai pukul 07.00-13.00 WIB, dan dilanjutkan penghitungan suara,” ungkap Ali, Rabu (14/2/2024).

Baca juga : Quick Count Indikator Politik, Prabowo-Gibran Unggul, Data Masuk 68,70 Persen

Semua tahanan diberi hak memilih calon presiden dan wakil presiden, dan sebagian beserta calon anggota legislatif, baik DPR, DPD, hingga DPRD, berdasarkan domisili KTP dan ketetapan KPU Daerah.

Ali memastikan, KPK berkomitmen menjamin hak-hak dasar bagi para tahanan sebagai warga negara sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 30 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia (HAM) Pasal 43.

Tahanan sebagai warga negara berhak untuk memilih dalam pemilihan umum berdasarkan persamaan hak melalui pemungutan suara yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.

Selain di Rutan Gedung Merah Putih KPK, pencoblosan juga digelar di Rutan Puspomal.

Baca juga : Puspenpol: Prabowo-Gibran Paling Populer Di TikTok

“Delapan tahanan KPK menggunakan hak pilihnya di Rutan Puspomal,” tandasnya.

Beberapa tahanan yang tampak mencoblos di Rutan KPK di antaranya eks menteri pertanian (mentan) Syahrul Yasin Limpo alias SYL, eks pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo, serta Hakim Agung Gazalba Saleh. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.