Dark/Light Mode

Hadirkan 51 Perusahaan, Unisba Gelar Career Expo 2024

Senin, 26 Februari 2024 16:55 WIB
Gelaran Unisba Career Expo 2024. (Foto: Istimewa)
Gelaran Unisba Career Expo 2024. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Islam Bandung (Unisba) menggelar Unisba Career Expo 2024 pada Sabtu (24/2/2024).

Bursa kerja bertajuk 'Let’s Kick Start The Future!' ini menghadirkan 51 perusahaan dengan kategori company, jasa, barang, pendidikan, dan lainnya yang berasal dari Bandung, dan Jabodetabek.

Rangkaian kegiatan pada career expo ini terdiri dari MoU Signing, Job & Internship Expo, Seminar Career Development, Company Sessions, Walk in Interview, Career Counseling, Scholarship Expo, dan Entrepreneurahip Expo.

Ketua Pelaksana Unisba Career Expo 2024 Firman Shakti Firdaus mengatakan, acara ini terselenggara dalam rangka memberikan layanan terbaik untuk alumni Unisba khususnya untuk memberikan kesempatan menyambungkan lulusan Unisba dengan dunia kerja.

Firman mengungkapkan, ada 51 perusahaan yang mengisi Career Expo. Rinciannya, 25 perusahaan mengikuti secara offline dan 26 lainnya mengikuti secara online. Selain itu juga terdapat 8 sponsorhip yang turut serta menyukseskan acara ini.

Baca juga : Pasca Pencoblosan, Anies Dan Ganjar Masih Wara-wiri

"Tercatat lebih dari 9 ribu lowongan kerja yang dihadirkan dengan peserta lebih dari 1.100 orang yang 70 persennya adalah lulusan Unisba dan 30 persennya merupakan umum," ungkap Firman dalam keterangan diterima Senin (26/2/2024).

Firman menuturkan, acara ini akan dijadikan agenda tahunan. Menurutnya, kegiatan pengembangan karir secara online sudah rutin dilaksanakan dari tahun-tahun sebelumnya melalui Unisba Career Development Center (UCDC).

"UCDC Unisba sudah memiliki website pusat karir, jadi setiap perusahaan bisa memposting lowongan kerja di website tersebut," tuturnya.

Rektor Unisba Prof. Edi Setiadi mengatakan, bahwa Unisba Career Expo akan menjadi agenda rutin tahunan dan akan terus diperluas dengan menambah mitra perusahaan agar bisa menyerap lebih banyak tenaga kerja.

Menurutnya, kegiatan ini berkaitan dengan fungsi perguruan tinggi yaitu Tri Dharma perguruan tinggi dengan adanya keinginan agar tidak dikatakan sebagai Menara Gading.

Baca juga : Apresiasi Nasabah Setia, BNI Gelar Customer Gathering Imlek 2024

"Unisba mulai bergerak tidak hanya menghasilkan para sarjana dan ilmuwan saja, tapi juga memberikan kesempatan kepada para lulusan untuk memperoleh pekerjaan, meski idealnya menjadi pemberi kerja namun rat-rata mahasiswa selulu merubah cita-citanya," katanya.

Edi menilai, Career Expo ini juga merupakan salah satu kontribusi Unisba atas kerja sama dengan berbagai kalangan, sehingga tidak membebani Pemerintah.

"Semoga para lulusan bisa segera memenuhi pasar kerja dan tidak mengecewakan," ucapnya.

Edi menjelaskan, angkatan kerja dan angka pengangguran terbuka hingga saat ini masih banyak. Unisba sebagai salah satu universitas yang menghasilkan calon tenaga kerja harus benar-benar menyiapkan masa depan para lulusan.

“Kami tidak ingin disebut kampus yang mencetak pengangguran. Jadi kami fasilitasi untuk lulusan Unisba dan umum untuk mengisi kesempatan kerja di Unisba Career Expo 2024. Kami ingin memfasilitasi para lulusan untuk mendapatkan info lowongan kerja," tegasnya.

Baca juga : Pertamina Usung Konsep Performance and Green Di IIMS 2024

Dalam kesempatan ini, hadir sebagai keynote speaker Kepala Pusat Pasar Kerja Muchamad Yusuf.

Yusuf mengatakan, para pencari kerja harus memiliki persyaratan-persyaratan agar bisa memperoleh pekerjaan yaitu dengan mengenal diri masing-masing baik pribadi dan potensinya.

"Harus sudah memiliki modalitas apa untuk bisa masuk ke pasar kerja. Pribadi dan potensi yang dimilkinya seperti apa? Apa yang kurang dari diri dan mau kemana? Itu yang harus dikenali oleh calon professional," ujarnya.

Ia menambahkan agar membangun skill melalui semangat untuk terus menambah ilmu yang sudah dimiliki sekarang ini.Terakhir, dengan membangun networking yang luas.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.