Dark/Light Mode

Tingkatkan Loyalitas Pelanggan, Pupuk Kaltim Gelar Customer Gathering 2024 

Selasa, 13 Februari 2024 11:14 WIB
Pupuk Kaltim terus berupaya melakukan penguatan pemasaran. Salah satunya dengan menggelar Customer Gathering 2024. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)₩
Pupuk Kaltim terus berupaya melakukan penguatan pemasaran. Salah satunya dengan menggelar Customer Gathering 2024. (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)₩

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) terus berupaya melakukan penguatan pemasaran produk di sektor komersil, dengan melakukan evaluasi kinerja secara berkala.

Hal ini sekaligus meningkatkan loyalitas pelanggan yang selama ini telah mendukung pencapaian penjualan secara optimal.

Terlihat dari pemasaran komersil Pupuk Kaltim dalam satu tahun terakhir yang kembali mencatatkan prestasi, dengan kontribusi terbesar dari seluruh perusahaan di lingkungan Pupuk Indonesia Grup.

Senior Vice President (SVP) Transformasi Bisnis Pupuk Kaltim Wisnu Ramadhani mengatakan, dalam satu tahun terakhir kinerja penjualan Pupuk Kaltim mencapai 2.042.837 MT (Metric Ton) untuk Urea, disusul Amoniak sebesar 802.737 MT dan NPK sebanyak 2.496 MT.

Hal tersebut, kata Wisnu didukung berbagai pengembangan inovasi seperti peningkatan Loading Rate, perbaikan, serta peningkatan kapasitas dermaga yang beroperasi selama 24 jam hingga pemilihan agen sesuai kebutuhan buyer dan penyediaan fasilitas Cherry Picker.

Baca juga : Dongkrak Trafik Wisatawan, InJourney Kembali Gelar F1Powerboat 2024 di Danau Toba

Begitu juga, dari sisi pelayanan semakin dioptimalkan agar loyalitas pelanggan turut meningkat.

"Kinerja penjualan yang didukung pelanggan setia Pupuk Kaltim bisa terus dipacu," tutur Wisnu, melalui siaran pers, Selasa (13/2/2024).

Wisnu menjelaskan, pelanggan merupakan salah satu faktor penting terhadap penjualan Pupuk Kaltim, sehingga pelayanan yang diberikan pun terus dimaksimalkan untuk memberi kemudahan dalam mendorong kinerja sektor komersil di tiap daerah.

Salah satunya, sambung dia, terkait skema penjualan, dengan memberikan dukungan optimal kepada seluruh pelanggan mulai dari penerapan tata niaga yang baik, proses jual beli yang mudah, hingga layanan purna jual secara berkelanjutan.

"Selain itu, kami juga memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja pelanggan dalam satu tahun, di samping berbagai bekal tambahan untuk meminimalisasi segala bentuk kendala di lapangan," terangnya.

Baca juga : Dorong Ekonomi Berkelanjutan, Repnas Gelar Job Fair 2024

Direktur Keuangan dan Umum Pupuk Kaltim Qomaruzzaman menilai, peranan pelanggan sangat krusial bagi Pupuk Kaltim, sebagai perpanjangan tangan perusahaan dalam pemasaran produk di seluruh wilayah distribusi.

Oleh sebab itu, pihaknya menyediakan wadah bagi pelanggan sebagai sarana bertukar pikiran dan menyampaikan aspirasi dalam memaksimalkan pelayanan yang diberikan. Sehingga, Pupuk Kaltim maupun Pupuk Indonesia Grup dapat terus memberikan kinerja terbaik khususnya di sepanjang tahun 2024.

"Kami berkomitmen memberikan produk berkualitas tinggi dengan layanan terbaik, serta selalu berusaha memahami kebutuhan dan harapan pelanggan agar dapat terus berkembang dengan memberikan solusi yang inovatif," ungkapnya.

Melalui Customer Gathering tahun ini, Qomaruzzaman memastikan, aspirasi dan masukan dari seluruh pelanggan menjadi bahan evaluasi bersama, agar kinerja penjualan makin tumbuh seiring komitmen pelayanan terbaik dalam memenuhi kebutuhan pupuk di tiap wilayah distribusi perusahaan.

Dari hal tersebut, ketahanan pangan dapat terus terjaga seiring meningkatnya produktivitas hasil pertanian masyarakat.

Baca juga : Kemenhub Layani 107 Trayek Kapal Perintis Di 2024

"Kerja sama dan sinergi antara perusahaan dengan pelanggan akan terus diperkuat Pupuk Kaltim, tentunya dengan pelayanan yang juga jauh lebih baik ke depannya," katanya.

Sementara itu, salah satu pelanggan Pupuk Kaltim Erwan dari SK Chemical Trading, mengapresiasi pelaksanaan Customer Gathering yang dinilainya menjadi wadah bagi para pelanggan setia perusahaan untuk saling berdiskusi guna meningkatkan kerjasama yang selama ini terjalin.

Bahkan, kegiatan ini juga menjadi ajang evaluasi bersama, agar pelayanan perusahaan dapat semakin berjalan optimal ke depannya.

"Kami menyambut baik kegiatan ini, sebagai wadah komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan, guna meningkatkan kerja sama yang sejauh ini terbina," ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.