Dark/Light Mode

Dongkrak Trafik Wisatawan, InJourney Kembali Gelar F1Powerboat 2024 di Danau Toba

Kamis, 8 Februari 2024 11:57 WIB
Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney akan kembali menghadirkan ajang balap perahu motor internasional F1Powerboat di Danau Toba. (Foto: Dok. Injourney)
Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney akan kembali menghadirkan ajang balap perahu motor internasional F1Powerboat di Danau Toba. (Foto: Dok. Injourney)

RM.id  Rakyat Merdeka - Holding BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Pariwisata dan Pendukungnya, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney akan kembali menghadirkan ajang balap perahu motor internasional F1Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara, pada 2-3 Maret 2024.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, event olahraga internasional yang diselenggarakan di Danau Toba ini dapat mendulang coverage yang sangat tinggi.

Apalagi, Danau Toba menjadi salah satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), sehingga ke depannya trafik wisatawan diharapkan akan terus meningkat.

“Dukungan luar biasa tak lepas dari sinergi BUMN yang juga full effort dalam mendukung untuk meningkatkan trafik wisatawan,” ujar Tiko, di Jakarta, Rabu (7/2/2024).

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria menyampaikan, tahun lalu, pihaknya sukses menyelenggarakan F1Powerboat.

Melalui beragam program dan event pada F1Powerboat kali ini, InJourney akan menghadirkan water sport tourism yang akan menyedot banyak wisatawan.

Baca juga : Promosi Wisata Di Jepang, Garuda Indonesia Gandeng KBRI Gelar Travel Fair 2024

"Kami berharap, acara ini terselenggara dengan lebih sukses, sehingga memberikan multiplier effect yang lebih besar lagi,” kata Dony.

Dony menegaskan, dalam membangun pariwisata, salah satunya dalam mengadakan suatu event dipastikan memberikan dampak ekonomi luar biasa kepada masyarakat, baik langsung maupun tidak langsung.

Selain itu, dengan terselenggaranya ajang event berskala global ini Indonesia mendapatkan media exposure yang tinggi di kancah internasional.

“Yang utama, bagaimana kita dapat mempromosikan destinasi pariwisata ke mata dunia. Sehingga, hal tersebut dapat mendatangkan trafik wisatawan dan masyarakat sekitar yang akan merasakan dampaknya ekonominya,” ungkapnya.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono menambahkan, F1Powerboat 2024 diharapkan akan memberikan multiplier effect yang lebih besar dibandingkan tahun lalu.

"Semoga bisa lebih besar, karena tahun lalu acara ini memberikan dampak ekonomi hingga Rp 1,68 triliun," kata Maya.

Baca juga : Sambut HUT Ke-74, BTN Kembali Gelar Anugerah Jurnalistik Dan Foto

Terlebih, saat gelaran Aquabike Jetski World Championship 2023, Indonesia juga sukses menjadi tuan rumah kejuaraan jetski internasional.

Keberhasilan ini diakui Founder H2O Racing Management, Nicolo Di San Germano, yang menyebut bahwa Danau Toba merupakan venue terbaik di dunia sebagai lokasi balapan jetski lantaran keindahan, kemegahan dan kecantikan pesona Danau Toba.

Karenanya, untuk gelaran F1Powerboat tahun ini akan dimeriahkan juga dengan ajang Aquabike Indonesian Championship seri pertama.

Dalam ajang tersebut, kata dia, akan digelar 2 kategori, yakni endurance dan paralel slalom.

"Sekitar 20 pembalap nasional akan ikut dalam ajang ini. Kesempatan ini akan membuka peluang bagi para atlet untuk meningkatkan performa terbaiknya dalam Aquabike World Championship selanjutnya di Danau Toba," ujar Maya.

Untuk diketahui, F1Powerboa merupakan kejuaraan dunia yang menjadi seri utama dan unggulan dalam perlombaan balap khusus kendaraan perahu motor berpengemudi tunggal.

Baca juga : Dukung Pendidikan, Panasonic Kembali Gelar Program Beasiswa

Selain itu, perlombaan ini menggunakan perahu motor berpengemudi tunggal yang memiliki kecepatan spektakuler, dengan ukuran panjang 5 meter dan berat bobot lebih dari 500 kilogram (Kg).

Dengan mesin bertenaga 400 horsepower, perahu motor ini dapat mencapai kecepatan lebih dari 220 km/jam.

"Tahun ini, sebanyak 9 negara dengan total 18 pembalap akan berkompetisi selama 1 musim untuk mendapatkan gelar juara dunia. Kejuaraan ini, terdiri dari babak kualifikasi, sprint race dan grand prix," ujar Maya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.