Dark/Light Mode

Solihin GP Berpulang, Susi Kenang 3 Pesan Ini Saat Hendak Dilantik Jadi Menteri

Selasa, 5 Maret 2024 17:29 WIB
Mantan Gubernur Jawa Barat Solihin GP saat menggandeng Susi Pudjiastuti. Instagram/susipudjiastuti115)
Mantan Gubernur Jawa Barat Solihin GP saat menggandeng Susi Pudjiastuti. Instagram/susipudjiastuti115)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti turut menyampaikan rasa belasungkawa atas meninggalnya Solihin GP, pada Selasa (5/2) dini hari WIB.

Mantan Gubernur Jawa Barat dan perwira Kodam III Siliwangi itu menghembuskan napas terakhirnya di RS Advent Bandung, pukul 03.09 WIB.

"Duka dan kehilangan yang sangat dalam untuk kita semua... Untuk saya Bapak Solihin GP adalah bapak, kakak, kakek, sahabat, musuh pasea, Selamat jalan Bapak...," tulis Susi dalam akun Instagramnya @susipudjiastuti115.

Baca juga : SIM Keliling Bekasi Selasa 5 Maret Hadir Di Pizza Hut Komsen Jatiasih

Susi menuturkan bahwa teladan dan pengabdian Solihin GP akan selalu diingat banyak orang, terutama masyarakat Jawa Barat. 

Ia pun teringat 3 pesan khusus yang pernah disampaikan Solihin kepadanya saat hendak dilantik sebagai menteri kabinet kerja 2014-2019.

"1. Rambut harus agak hitam rambut saya terlalu merah, beliau bilang anak aing euweuh anu buukna beureum (Anak saya tidak ada yang rambutnya merah, red). 2. Pake kebaya dan bersanggul. 3. Tidak korupsi," kenang Susi.

Baca juga : Profil Hadi Tjahjanto, Sosok Yang Dikabarkan Dilantik Jadi Menko Polhukam Besok

Solihin GP meninggal dunia di usia 97 tahun. Kabar ini dibenarkan oleh juru bicara keluarga sekaligus Kabid Infokom Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS) Taufan Suranto.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah Letnan Jenderal TNI Purn. H. Solihin GP (Mang Ihin) sesepuh Jawa Barat dan Siliwangi, pejuang lingkungan dan pendiri Dewan Pemerhati Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS) pada usai 97 tahun pada hari Selasa, 5 Maret 2024 pukul 03.09 WIB di RS Advent Bandung. Semoga almarhum husnul khatimah dan keluarga yang ditinggalkannya diberikan ketabahan, aamiin YRA," kata Taufan.

Kepergian Solihin GP meninggalkan duka mendalam bagi keluarga, sahabat, dan masyarakat Indonesia. Sosoknya yang inspiratif dan penuh dedikasi akan selalu dikenang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.