Dark/Light Mode

PPJI Luncurkan Pilot Project Program Makan Siang Gratis di Tingkat SD

Selasa, 5 Maret 2024 17:53 WIB
Peluncuran pilot project program makan siang gratis oleh PPJI, di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bait Al Rahman, di Jalan Durentiga Selatan VII, Jakarta Selatan, Selasa (5/3). (Foto: Istimewa)
Peluncuran pilot project program makan siang gratis oleh PPJI, di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bait Al Rahman, di Jalan Durentiga Selatan VII, Jakarta Selatan, Selasa (5/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI) meluncurkan pilot project “Bergerak Maju Bersama PPJI untuk Indonesia.” Kegiatan ini merupakan simulasi untuk pengimplementasian program makan siang gratis dengan gizi seimbang bagi siswa tingkat Sekolah Dasar (SD).

Peluncuran dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bait Al Rahman, di Jalan Durentiga Selatan VII, Jakarta Selatan, Selasa (5/3). Acara diikuti 270 siswa dan dihadiri para guru, komite sekolah, dan para tamu undangan dari perwakilan warga dan pengurus PPJI.

PPJI sangat mendukung bahkan menginisiasi terselenggaranya program makan siang gratis untuk anak sekolah, yang menjadi unggulan Capres-Cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Implementasi ini dilakukan PPJI dengan berkolaborasi lintas sektor melalui Program AKSI BAGI (Aksi Sahabat Gibran).

Baca juga : Amran Sulaiman Diramal Tetap Jadi Mentan

Ketua Umum PPJI Iden Gobel menyatakan, program strategis pemerintah secara nasional ini akan digaungkan PPJI secara serentak di seluruh Indonesia. Agar program ini tertata rapi dan berjalan lancar, PPJI sebagai mitra strategis pemerintah dalam penyelenggaraan jasaboga telah menyiapkan fondasi dasarnya, berupa penyelenggaraan pelatihan dan sertifikasi pelaku jasaboga yang meliputi sertifikasi penjamah makanan, keamanan pangan, higine dan sanitasi, serta memberikan edukasi menu gizi seimbang.

"Sosialisasi tersebut telah terselenggara di beberapa kota di Pulau Jawa di periode Januari sampai Februari 2024 sehingga pemerintah bisa menindaklanjuti fondasi dasar ini. Kini saatnya kita berjuang demi anak-anak Indonesia yang sehat dan bergizi sebagai calon-calon pemimpin bangsa di masa depan,” ucap Iden Gobel, dalam sambutannya pada peluncuran pilot project ini.

Menurut Fahrur Rosidi, Chef dari PPJI, anggota PPJI yang tersebar di 22 provinsi se-Indonesia, secara kualifikasi teknis dan kapasitas produksi, pihaknya mampu menjadi eksekutor program makan siang gratis untuk meningkatkan kualitas anak didik yang menjadi target program ini. "Pengetahuan tentang gizi, standar resep, prosedur memasak, serta pengemasan makanan olahan yang dimiliki anggota PPJI, dapat menjadi jaminan kualitas produk yang akan disajikan untuk program makan siang gratis," ucapnya.

Baca juga : Tak Pakai APBN, Airlangga Jempolin Simulasi Makan Siang Gratis Di SMPN 2 Curug

Wakil Sekjen PPJI Budi Syahmenan yang membidangi Pengembangan Usaha, Hubungan Antar Lembaga, Kemitraan serta Event menambahkan, PPJI akan menjadi motor penggerak utama program makan siang gratis di Indonesia. Kegiatan Bergerak Maju Bersama PPJI untuk Indonesia ini akan digelar serentak di seluruh Indonesia pada 24 April 2024 dengan memecahkan Rekor MURI.

"Masing-masing DPD PPJI yang tersebar di 22 provinsi akan mengerakkan DPC-DPC yang ada di kabupaten dan kota dengan membagikan masing-masing sekitar 5.000 boks makan siang. Harapannya, akan ada sekitar 100.000 boks makan siang yang bisa diberikan kepada anak-anak sekolah di setiap wilayah daerahnya,” ucapnya.

Kegiatan PPJI ini, lanjut Budi, dilakukan dengan modal dasar kebersamaan dan gotong royong. "Jadi, ayo kita bergerak maju bersama dengan sistematis yang benar. Tak hanya selesai pada event ini saja, tetapi masih akan banyak event lain yang terus berkelanjutan, dalam rangka men-support dan menyukseskan terselenggaranya program makan siang fratis bagi anak sekolah di Indonesia," tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.