Dark/Light Mode

Punya Kontribusi Dan Moncer Prestasi

Amran Sulaiman Diramal Tetap Jadi Mentan

Senin, 4 Maret 2024 14:05 WIB
Mentan Andi Amran Sulaiman. Foto: Istimewa
Mentan Andi Amran Sulaiman. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Bursa kabinet Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mulai menghangat. Meski baru menang secara quick count, namun calon menteri yang akan mengisi kabinet Capres-Cawapres nomor urut 02 ini mulai bermunculan. Salah satunya adalah Menteri Pertanian (Mentan).

Pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin menilai, kans Mentan Andi Amran Sulaiman kembali duduk di kabinet Pemerintahan mendatang, sangat besar.

Pertama, modal Amran adalah kinerja yang cukup bagus dan berprestasi. Baik pada periode pertama Pemerintahan Jokowi-JK, maupun saat menggantikan Syahrul Yasin Limpo di periode akhir Jokowi-Maruf.

"Jadi wajar Hashim Djojohadikusumo dan Prabowo, saya lihat sangat apresiasi dengan kinerja Amran sebagai Menteri Pertanian," kata Ujang kepada Rakyat Merdeka, Minggu (3/2/2024).

Kedua, selain berperestasi, Amran adalah bagian dari pemenangan paslon nomor 02. Ada jasa politik Amran memenangkan duet ini, khususnya di Sulawesi Selatan.

Baca juga : Pancasila: Religiusitas Dan Kesalehan Sosial Di Bulan Ramadhan

"Dua indikasi yakni kinerja bagus, plus memenangkan Prabowo-Gibran di Sulsel membuat Amran sangat kuat jadi Mentan kembali di Pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang," sebutnya.

Pemilihan Amran, lanjut Ujang, juga memiliki sisi positif bagi Kementan. Sebab, kebijakan saat ini akan dilanjutkan karena menterinya tak berganti. "Jadi tidak perlu lagi melakukan penyesuaian," sebut Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) ini.

Untuk diketahui, sebelumnya Prabowo menilai Amran masuk sebagai salah satu tokoh yang akan mengisi pada kabinet Pemerintahannya.

"Menteri Pertanian yang sekarang praktisi dan mungkin anda bisa menduga-duga siapa tahu kalau saya yang terima mandat, siapa yang kira-kira akan menjadi Menteri Pertanian di kabinet baru, kira-kira, mungkin (Amran)," kata Prabowo dalam sebuah acara bersama Amran, pertengahan Februari 2024 lalu.

Prabowo menilai, kemampuan Amran membangun sektor pertanian luar biasa. Amran dinilai sebagai sosok panglima pangan yang menjaga kedaulatan pertanian. Prabowo mengapresiasi Presiden Jokowi yang telah menunjuk kembali Amran sebagai Mentan.

Baca juga : Wapres Minta Pelaksanaan Pilkada Sesuai Perintah UU

"Beliau anak petani, anak Babinsa, pakar, teknokrat dan pemimpin yang mengurus masalah pertanian dengan baik. Baru dua bulan menjabat sudah berbuat banyak dan sungguh-sungguh untuk bangsa ini," pujinya.

Sementara itu, Anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Hashim Djojohadikusumo juga mengungkapkan, Prabowo sangat terkesan dengan kinerja Amran.

"Beliau sangat, sangat-sangat terkesan dan sangat bangga dengan pekerjaan Pak Amran. Insya allah yang menentukan Tuhan yang Maha Kuasa. Tapi yang mengusulkan presiden yang akan datang nanti," kata Hashim dalam acara Dialog Kebangsaan yang digelar di Aula Prof A Amiruddin, Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (20/2/2024).

Hashim mengaku lumayan tahu komposisi pemerintahan ke delan. Amran dipastikan meneruskan kebijakan Pemerintahan di bidang pertanian.

"Pak Menteri Pertanian, kawan saya, dipastikan akan melanjutkan kebijakan pertanian. Insyaallah Pak Amran. Itu indikasi kuat sekali bahwa beliau akan tetap jadi Menteri Pertanian," ucapnya.

Baca juga : Punya Modal Politik Dan Pengalaman, Riza Patria Layak Menjadi Cagub DKI Jakarta

Diketahui, Amran dilantik Presiden Jokowi sebagai Mentan menggantikan Syahrul Yasin Limpo, akhir Oktober 2023. Menteri Pertanian periode 2014-2019 ini peraih Bintang Mahaputra Adipradana dari Presiden Jokowi atas kontribusinya dalam membawa Indonesia sebagai negara terkuat di dunia pada sektor pangan.

Amran juga peraih penghargaan Penjaga Ketahanan Pangan Nasional dalam ajang "Indonesia Award 2018". Penghargaan ini diberikan atas pemikiran revolusioner Amran sehingga pertanian Indonesia semakin modern.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.