Dark/Light Mode

BRINS Raih Penghargaan Di Indonesia Excellence Good Corporate Governance Awards

Rabu, 6 Maret 2024 17:03 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - BRI Insurance (BRINS) kembali menorehkan prestasinya di awal tahun 2024 dengan menerima penghargaan di acara Indonesia Excellence Good Corporate Governance Awards 2024 yang diselenggarakan Warta Ekonomi.

BRINS menyabet penghargaan  Indonesia Excellence Good Corporate Governance Ethics in Strategy Implementation to Increase Performance Growth, Category: General Insurance. 

Penghargaan tersebut diterima secara langsung oleh Heri Supriyadi selaku Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko BRI Insurance di JS Luwansa, Selasa (5/3/2024).

Heri berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada BRINS. Menurutnya, penghargaan ini tidak luput dari hasil kinerja terbaik seluruh pekerja BRINS yang selalu menerapkan prinsip GCG dalam pekerjaan.

"Penghargaan ini menjadi booster bagi BRI Insurance untuk memberikan kinerja terbaik supaya menjadi perusahaan yang dapat diandalkan dan dipercaya bagi seluruh Masyarakat Indonesia," tutur Heri dalam siaran pers yang diterima, Rabu (6/3/2024).

Pada acara tersebut hadir CEO dan Chief Editor Warta Ekonomi Group Muhamad Ihsan, keberhasilan perusahaan dalam menerapkan GCG akan mempengaruhi tingkat kinerja perusahaan, terlebih dalam manajemen keuangan/manajemen laba yang sehat dan berkelanjutan.

Baca juga : Top, Bank DKI Raih Penghargaan ESG Recognized Commitment 

Manajemen laba, kata dia, dapat mempengaruhi hubungan antara GCG dan kinerja perusahaan.

GCG telah berkontribusi besar dalam mengurangi kemungkinan pemaksimalan laba dengan cara yang tidak baik.

"Prinsip-prinsip GCG senantiasa saling melengkapi dalam menjalankan bisnis yang sukses, bertanggungjawab dan keberlanjutan. Kombinasi tersebut memastikan perusahaan berkembang,” ucap Ihsan.

BRI Insurance juga melakukan berbagai upaya untuk menjaga nilai GCG. Seperti melaksanakan kebijakan dan praktik Tata Kelola Perusahaan yang baik untuk mencapai visi dan misi perusahaan.

Menerapkan prinsip transparansi dengan menjamin informasi yang relevan mengenai BRINS yang disampaikan secara jelas, akurat, memadai dan mudah diakses oleh para pemangku kepentingan melalui berbagai kanal secara online.

BRI Insurance juga telah memiliki sertifikasi yang menjadi salah satu modal dan pedoman dalam menjalani prinsip GCG, yaitu ISO 22301:2019 Business Contuinity Management System (BCMS).

Baca juga : BNI Salurkan Pembiayaan Diaspora Indonesia di Hong Kong

Hadir sebagai Keynote Speaker, Ketua Umum Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG) Prof Mardiasmo.

Ia mengatakan, governansi korporat dalam perkembangannya telah mengalami evolusi.

Mardiasmo mengatakan, dalam studi menunjukkan bahwa penerapan governansi korporat tidak bisa berdiri sendiri.

Diperlukan adanya bauran aspek lain, yaitu lingkungan (environment) dan sosial.

Saat ini juga berkembang konsep dan praktik sustainable governance. Sustainable Governance adalah prinsip panduan yang menempatkan penekanan pada mengintegrasikan praktik yang bertanggung jawab, moral, dan jangka panjang dalam pengambilan keputusan organisasi dan administrasi umum.

"Faktor-faktor lingkungan, sosial, dan governance (ESG) ditambahkan ke dalam governansi perusahaan standar untuk memastikan bahwa organisasi beroperasi dengan cara yang tidak hanya menguntungkan tetapi juga menguntungkan bagi masyarakat dan lingkungan,” ujar Mardiasmo.

Baca juga : Ini 3 Gagasan Dari Indonesia Untuk Rencana Strategis ASEAN 2026-2030

Terpisah, Direktur Utama BRINS, Budi Legowo menyampaikan, pihaknya selalu menjaga nilai GCG dengan praktik bisnis yang sehat dan berkelanjutan dapat memberikan manfaat kepada seluruh stakeholders.

Selain itu, sebagai penyeimbang bisnis dengan prinsip GCG BRINS juga memiliki komitmen dalam pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan secara komprehensif dan berkesinambungan sebagai bentuk penerapan GCG sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL).

Penghargaan pada acara GCG Awards 2024 ini diberikan secara objektif kepada perusahaan-perusahaan yang menerapkan tata kelola perusahaan dengan baik dan mampu berkontribusi dalam menunjang perekonomian Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.