Dark/Light Mode

Tokopedia Berbagi Inspirasi 3 Pengusaha Lokal di Hari Perempuan Dunia

Kamis, 7 Maret 2024 08:02 WIB
Di Hari Perempuan Dunia, Tokopedia menghadirkan 3 Pengusaha wanita yang menginspirasi. (Foto: Istimewa)
Di Hari Perempuan Dunia, Tokopedia menghadirkan 3 Pengusaha wanita yang menginspirasi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berdasarkan data dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, jumlah perempuan dalam sektor kewirausahaan terus naik setiap tahun.

Berdasarkan data badan pusat statistik (BPS) 2021, perempuan mengelola 64,5 persen dari total UMKM di Indonesia.

Sama halnya dengan sekitar 37 juta UMKM dengan proyeksi di tahun 2025 memiliki total nilai Rp 2,120 triliun.

Tiga di antaranya, pengusaha perempuan berikut ini mengungkap kisah suksesnya membangun usaha bertepatan dengan Hari Perempuan Dunia yang dirayakan setiap tanggal 8 Maret.

Pertama, kisah Anita Hartono membangun Mambucha bersama para karyawan yang 90 perempuan didominasi perempuan dan yatim piatu.

Mambucha, minuman probiotik hadir dari keresahan Anita Hartono yang mengalami masalah pencernaan, bahkan pernah menjalani tindakan cuci usus akibat efek samping konsumsi obat-obatan pelangsing.

Baca juga : Kementerian Pertanian Gelar Aksi Promosi Cabai Harga Petani

“Saat pandemi, saya mulai membangun bisnis Mambucha untuk mempertahankan karyawan saya agar tetap dapat bekerja di masa sulit.

Pada 2023, Mambucha berhasil mengantongi BPOM dan sertifikasi halal untuk mendukung bisnis Mambucha bisa naik kelas,” ujar Anita dalam keterangannya, Rabu (6/3/2024).

Anita rajin memanfaatkan platform teknologi seperti Tokopedia dan video singkat TikTok untuk memberikan edukasi kepada masyarakat akan manfaat mengonsumsi kombucha terhadap kesehatan.

Kedua, Yenny Kusuma Hendra adalah sosok di balik kesuksesan Kumala Home and Kitchen, bisnis keluarga yang telah berdiri sejak 2003 dan bergerak di bidang peralatan serta perlengkapan rumah tangga dan dapur.

“Kami bekerja sama dengan sejumlah pabrik artisan keramik di wilayah Sumatra, Jawa Timur hingga Bali untuk menyediakan produk-produk rumah tangga berbahan keramik lokal di Kumala Home and Kitchen.

Semua produk kami semi-handmade, yang dibuat oleh para perajin lokal dimana 70 persen di antaranya adalah perempuan,” kata Yenny dalam keterangannya, Rabu (6/3/2024).

Baca juga : Aquaproof Berbagi Kasih dengan Oma Opa di Panti Werdha Wisma Mulia

Demi memperluas pasar keramik lokal, Kumala Home and Kitchen bergabung dengan Tokopedia pada 2018. Sejumlah kampanye dan fitur, salah satunya TopAds, dimanfaatkan Yenny untuk mengembangkan usahanya.

Lalu, M231, salah satu brand fesyen lokal yang telah berdiri selama lebih dari 23 tahun, menghadirkan berbagai macam pakaian pria.

Dalam mengembangkan usahanya, M231 memberdayakan lebih dari 1.000 penjahit dari Pemalang, Jawa Tengah, bahkan 70 persen di antaranya adalah perempuan.

"Meskipun M231 telah berdiri puluhan tahun, kami menyadari pentingnya mengadopsi platform digital, seperti Tokopedia untuk mengembangkan bisnis. Kami rutin mengikuti kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB), Tokopedia Fashion dan fitur beriklan TopAds di Tokopedia," ungkap Pemilik Usaha M231 Felicia Kurniawan.

Meskipun identik dengan fesyen pria, M231 juga menghadirkan inovasi untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Misalnya dengan menghadirkan koleksi Family Set saat bulan Ramadan, yang terdiri dari baju koko dewasa, gamis dan kaftan wanita, serta baju koko anak.

Salah satu upaya Tokopedia dalam berinvestasi pada perempuan adalah berkolaborasi bersama Pemerintah Daerah dan UMKM lokal mengadakan Kelas Perempuan Maju Digital (KPMD) untuk memberikan pelatihan digitalisasi UMKM dan literasi keuangan secara digital kepada perempuan pelaku usaha lokal.

Baca juga : Bisa Cegah Serbuan Barang Impor, Pengusaha Dukung Permendag 36

“Selama tahun 2023, Tokopedia bersama Pemda telah membantu lebih dari 800 perempuan pelaku UMKM dari berbagai daerah meliputi Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, Surakarta, Yogyakarta hingga Bali,” jelas External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz dalam keterangannya Rabu (6/3/2024).

Selain itu, bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), Tokopedia juga telah meluncurkan Modul External Maju Digital yang tersedia secara gratis melalui Pusat Edukasi Seller untuk memberikan pembekalan edukasi dan pendampingan bagi perempuan pelaku usaha.

Agar para pelaku usaha di Indonesia, termasuk perempuan pelaku UMKM lokal, bisa mempersiapkan bisnis dengan lebih baik jelang dan saat bulan Ramadan 2024 mendatang, Tokopedia memiliki kurikulum #SIAPRAMADAN di Pusat Edukasi Seller.

Para pelaku usaha pun bisa mempersiapkan dalam rangka menyambut kampanye Ramadan Ekstra Seru yang berlangsung hingga 5 April 2024 melalui aplikasi dan situs Tokopedia dan Tokopedia di aplikasi TikTok.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.