Dark/Light Mode

Banjir Di Kota Padang Terparah Di Sumbar, Ini Update Dan Imbauan Terbaru BNPB

Jumat, 8 Maret 2024 23:49 WIB
Tim gabungan melakukan penanganan bencana banjir di Kota Padang, Sumatra Barat pada Kamis (7/3). Foto: BPBD Kota Padang
Tim gabungan melakukan penanganan bencana banjir di Kota Padang, Sumatra Barat pada Kamis (7/3). Foto: BPBD Kota Padang

RM.id  Rakyat Merdeka - Hujan deras dengan intensitas tinggi yang melanda Sumatera Barat sejak Kamis (7/3) mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah. Banjir terparah terjadi di Kota Padang, Kabupaten Pasaman Barat, dan Kabupaten Pesisir Selatan.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyebutkan ada enam kecamatan terendam banjir di Kota Padang, yaitu Lubuk Begalung, Naggalo, Lubuk Kilangan, Koto Tangah, Padang Utara, dan Padang Timur. 

Banjir juga menyebabkan longsor di Lubuk Paraku yang mengakibatkan akses jalan terhambat. "Pendataan dan evakuasi masih dilakukan oleh BPBD Kota Padang dan tim gabungan setempat," kata Abdul Muhari, Jumat (8/3).

Selain Kota Padang, banjir juga menghantam Kabupaten Pasaman Barat. Laporan terbaru, ada sejumlah jalan terputus akibat banjir di Pasaman Barat, antara lain:

Baca juga : Ini Dia Tanggal Merah Maret 2024, Berikut Tips Libur Asyik Dan Santuy

1. Simpang Empat- Talu Kecamatan Talamau

2. Simpang Empat- Ujung Gading Kecamatan Pasaman

3. Air Bangis- Ujung Gading Kecamatan Sungai Beremas

Banjir juga menyebabkan satu jembatan putus di Kecamatan Balingka dan satu unit rumah hanyut terbawa arus di Kecamatan Ranah Batahan.

Baca juga : Ganjar-Mahfud Menang Telak Di Amerika Serikat Dan Kanada

Di Kabupaten Pesisir Selatan, banjir dan longsor mengakibatkan tiga orang meninggal dunia dan sembilan orang hilang.

Sekitar 20.004 rumah terdampak. Peristiwa itu turut membuat 45.868 masyarakat mengungsi ke tempat lebih aman.

Banjir juga terjadi di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kabupaten Padang Pariaman, Kota Solok, Kota Pariaman, dan Kabupaten Lima Puluh Kota.

BNPB Imbau Pemda Siaga

Menanggapi maraknya kejadian bencana banjir dan longsor, BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah untuk segera mengambil langkah-langkah penanganan yang cepat.

Baca juga : Banjir Barang Impor, Industri Plastik Menjerit

Di antaranya, mendirikan tenda pengungsi untuk mengevakuasi warga, membersihkan aliran sungai, dan bersiaga di lokasi-lokasi berpotensi terjadinya peristiwa susulan.

Apalagi, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada beberapa wilayah di Sumatera Barat besok, Sabtu (9/3).

Beberapa daerah dimaksud antara lain Kabupaten Pasaman Barat, Pasaman, Limapuluh Kota, Payakumbuh, Bukittinggi, Tanah Datar, Sijunjung, dan sekitarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.