Dark/Light Mode

Tanggul Sungai Wulan Jebol, Jalur Pantura Demak-Kudus Terputus

Minggu, 17 Maret 2024 14:54 WIB
Jalur Pantura Demak-Kudus, Jawa Tengah, terendam banjir, Minggu (17/3). (Foto: Antara)
Jalur Pantura Demak-Kudus, Jawa Tengah, terendam banjir, Minggu (17/3). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jalur Pantura Demak-Kudus, Jawa Tengah, terputus akibat jebolnya tanggul kiri Sungai Wulan, Minggu (17/3). Jalan tersebut direndam banjir dengan ketinggian antara lutut hingga pinggang orang dewasa.

Akibat banjir tersebut, arus lalulintas di Jalur Pantura Demak-Kudus, dialihkan. "Kami sudah memikirkan dengan melakukan pengalihan arus dari arah Semarang melalui Purwodadi," kata Kapolda Jateng Irjen Ahmad Lutfi bersama Panglima Kodam (Pangdam) IV/Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi beserta jajaran saat mengunjungi tempat pengungsian di DPRD Kudus, Minggu (17/3), seperti dikutip Antara.

Baca juga : Menteri PUPR Pastikan Jalan Objek Vital Pertamina Tidak Terputus

Ia mengakui, konsekuensi pengalihan arusnya membuat lalu lintas di Purwodadi menjadi padat. Untuk itu, disiapkan kantong-kantong parkir agar para pengemudi istirahat dan tidak memaksakan terlebih dahulu.

"Sebagian kendaraan juga berada di satu lajur di jalan dengan penjagaan petugas lalu lintas. Kami juga sudah melapor ke Menteri PUPR," ujarnya.

Baca juga : Relawan Pro Jokowi Ajak Hormati Keputusan Rakyat

Satlantas Polres Demak mengalihkan kendaraan kecil yang hendak menuju Pati dan Surabaya melalui Jalur Trengguli menuju Mijen-Welahan-Jepara-Kudus-Pati.

Dalam rangka mengurangi kepadatan arus kendaraan yang melintasi jalur tersebut, Satlantas Polres Kudus berkoordinasi dengan Satlantas Polres Rembang dan Pati mengarahkan kendaraan bersumbu tiga menuju Semarang melalui Blora maupun Grobogan.

Baca juga : Tanggapi Pertemuan Jokowi-Prabowo, Kaesang: Keduanya Berteman Baik

"Kami sudah berkoordinasi dengan Satlantas Polres Pati maupun Rembang, agar truk bersumbu diarahkan ke jalur Blora maupun Grobogan menyusul jalur lewat Jepara cukup padat," ujar Kaur Bin Ops (KBO) Satlantas Polres Kudus Iptu Noor Alifi.

Terkait pengalihan arus, Satlantas Polres Kudus juga sudah memasang petunjuk agar para pengemudi tidak kebingungan. Beberapa kendaraan yang terlanjur melintasi Kudus tampak ada yang parkir di Jalan Pantura Kudus.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.