Dark/Light Mode

PANRB CPNS 2024: Pemerintah Buka 1,28 Juta Formasi, Pendaftaran Segera Dimulai

Selasa, 30 April 2024 22:13 WIB
Ilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN). Foto: Khairizal Anwar/RM
Ilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN). Foto: Khairizal Anwar/RM

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyampaikan bahwa jadwal pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CPNS) atau Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) akan segera dibuka dalam waktu dekat.

Sejauh ini, Kementerian PANRB telah menetapkan formasi untuk rekrutmen CASN tahun 2024, yaitu sebesar 1,28 juta formasi. Jumlah ini telah ditetapkan sebagai tahap awal untuk pemenuhan total kebutuhan 2,3 juta ASN. 

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menekankan bahwa pendaftaran CPNS 2024 akan segera dibuka setelah proses verifikasi dan validasi formasi selesai. 

"Kami harap K/L dan Pemda yang belum merampungkan input di sistem BKN untuk segera menyelesaikan agar pendaftaran CASN segera dibuka karena sudah ditunggu-tunggu publik," ujar Anas saat memimpin rapat tematik mengenai rekrutmen CASN di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Selasa (30/04).

Saat ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) kini tengah melakukan percepatan verifikasi dan validasi terkait rincian formasi ASN yang sudah ditetapkan berdasarkan usulan dari seluruh instansi pusat (Kementerian/Lembaga-K/L) dan daerah. 

Anas mengatakan, masih ada sebagian K/L dan Pemda yang belum merampungkan pengisian detail dari formasi yang telah ditetapkan Kementerian PANRB. 

Baca juga : Menteri Arifin Buka Peluang Kolaborasi Percepat Transisi Energi Di Paris

Jika semuanya sudah kelar, pemerintah akan segera mengumumkan jadwal CPNS 2024 terbaru ke publik.

“BKN sudah berkoordinasi. Kami yakin bisa rampung dalam waktu dekat, dan pendaftaran CASN dapat segera dimulai,” lanjutnya.

Berikut ini rincian informasi terkait pendaftaran CPNS 2024:

Formasi CASN 2024

Total Formasi: 1,28 juta 

Kementerian dan Lembaga: 427.850 formasi

Daerah: 862.174 formasi

Baca juga : Tokoh Masyarakat Hingga Pemerintah Pusat Apresiasi Peralihan Listrik Di Muba

Kategori ASN:

CPNS: Diperuntukkan bagi fresh graduate (lulusan baru) dari berbagai disiplin ilmu.

PPPK: Diperuntukkan bagi tenaga non-ASN dan eks Tenaga Honorer Kategori (THK) II yang telah masuk database BKN.

Fokus Rekrutmen CASN 2024: Talenta Digital

Pemerintah memprioritaskan rekrutmen talenta digital untuk akselerasi transformasi digital di berbagai sektor pemerintahan. 

Menteri PANRB menjelaskan bahwa talenta digital didesain untuk mengakselerasi ekonomi lokal dan nasional, mulai digitalisasi sektor pertanian, perindustrian, pariwisata, produksi UMKM, perdagangan, dan sebagainya.

“Jadi seluruh CASN ini adalah talenta digital yang harus punya basic knowledge terkait digitalisasi. Harapannya CASN yang direkrut nanti bisa melanjutkan digital leadership,” harapnya.

Baca juga : Penerimaan Polri 2024 Sudah Dibuka, Ini Jadwal Dan Syarat Pendaftarannya

Mantan Bupati Banyuwangi ini menyebutkan bahwa, digital bukan hanya tentang teknologi saja. Namun juga berkaitan dengan kepemimpinan digital (digital leadership). 

Ia menyebutkan bahwa talenta digital yang dimaksud ini terbagi menjadi dua, yakni talenta digital sebagai pengguna dan sebagai pengelola. 

Ada tiga hal yang harus diperhatikan untuk menghadirkan kepemimpinan digital ini. Ketiganya adalah struktur digital, kompetensi digital, dan digital culture.

Dikatakan, talenta-talenta digital yang direkrut melalui pengadaan CASN nantinya juga akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara atau IKN yang akan menerapkan pola kerja terpadu dengan fleksibilitas waktu dan lokasi mendukung sistem kerja kolaboratif dan agile. 

“Karenanya perlu talenta-talenta digital yang siap untuk mendorong akselerasi roda pemerintahan di IKN,” pungkas Anas.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.