Dark/Light Mode

Pengamat Sebut Marlin Akan Dilirik Banyak Parpol Di Pilwakot Batam

Rabu, 1 Mei 2024 13:30 WIB
Marlin Agustina. (Foto: Ist)
Marlin Agustina. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai politik sudah siap-siap menggelar penjaringan bakal calon yang akan diusung pada Pilkada Kota Batam.

Pengamat Pilkada, Agusta Surya Buana dari Jaringan Pemerhati Pilkada Indonesia (JPPI) mengatakan, para elite partai politik pasti akan mengusung figur dan kader yang berpeluang menang. 

Baca juga : Pesta Adat Suku Dayak Lom Plai 2024 Dongkrak Sektor Wisata Kaltim

“Saya lihat tiap paprol membuka pendaftaran secara terbuka. Mereka juga melakukan survei pemetaan figur yang akan maju. Jadi sebenarnya parpol itu mau mengusung yang akan menang. Intinya mereka mau menang dalam kontestasi,” ujarnya dalam rilis kepada media, Selasa (30/4/2024).

Dalam konteks Pilwakot Batam 2024, Agusta menilai figur-figur yang sudah muncul namanya ke permukaan pasti akan diperhitungkan oleh parpol untuk diusung. Nama-nama itu akan disurvei kemudian dijaring. Tentu tidak semata popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas yang dipertimbangkan tapi kekuatan finansial, jaringan dukungan dan rekam jejaknya sebagai pemimpin akan dikaji betul. 

Baca juga : Permendag Pembatasan Impor Dicabut, BP2MI Pastikan Barang PMI Segera Dikeluarkan

Di Pilkada Kota Batam 2024, Agusta menyebut, figur seperti Marlin Agustina pasti akan dilirik banyak partai politik. Marlin adalah Wakil Gubernur petahana yang sedang menjabat. Ia juga tokoh perempuan pemimpin. Marlin adalah istri dari tokoh politik Kepri Haji Muhamamd Rudi yang merupakan Walikota Batam sekarang sekaligus kepala BP Batam. 

“Kalau Parpol mau menang, pasti mereka akan mempertimbangkan figur Marlin. Tokoh ini masuk sebagai kandidat favorit. Jaringan pendukung kongkrit, finansial dipandang kuat, pengalaman punya, dukungan politik ada, dan dalam konteks Kota Batam Marlin juga dipandang sebagai pelanjut HMR. Jadi wajar jika Marlin akan dilirik banyak parpol,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.