Dark/Light Mode

Puncak Arus Balik, Kakorlantas dan Tim Urai Patroli di Jalur Jakarta-Cikampek

Senin, 15 April 2024 15:58 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan melakukan patroli bersama tim urai menggunakan sepeda motor meninjau langsung pergerakan arus balik Lebaran di jalur Jakarta-Cikampek, Senin (15/4/2024). (Foto: Dok. Korlantas Polri)
Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan melakukan patroli bersama tim urai menggunakan sepeda motor meninjau langsung pergerakan arus balik Lebaran di jalur Jakarta-Cikampek, Senin (15/4/2024). (Foto: Dok. Korlantas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan melakukan patroli bersama tim urai menggunakan sepeda motor meninjau langsung pergerakan arus balik Lebaran di jalur Jakarta-Cikampek, Senin (15/4/2024).

“Tadi saya bersama tim urai melakukan patroli sekaligus melihat secara langsung apa apa saja yang menjadi hambatan yang mengakibatkan perlambatan di samping volume kendaraan memang cukup tinggi ada juga hambatan-hambatan yang mestinya tidak ada,” ungkap Kakorlantas dilansir Korlantas Polri go.id di Command Center KM 29.

Aan  mengatakan kapasitas jalan masih leluasa untuk diberlakukannya  contra flow 3 lajur. Tetapi karena adanya bottle neck mengakibatkan hambatan, sehingga di KM 62 kemudian pertemuan KM 66 Cipularang Bandung terjadi perlambatan.

Baca juga : Pastikan Keamanan Arus Balik Lebaran, Kapolri Patroli Udara Jalur Tol

“Tadi saya sampaikan sebelum patroli kapasitasnya itu di pegal jalan ini, masih sangat leluasa untuk contra flow 3 lajur. Namun karena ada bottle neck jadi mengakibatkan hambatan sehingga tadi di KM 62 kemudian 66 pertemuan Cipularang Bandung ini juga ada perlambatan,” ujar Aan.

Selain itu, pada jalur contra flow juga terdapat beberapa kendaraan mengalami gangguan dan berhenti di bahu jalan, yang berdampak pada kepadatan arus lalu lintas.

" Contra flow juga sama ada beberapa kendaraan yang mendapatkan gangguan ya di bahu jalan tadi kita ketahui juga ada masyarakat yang ingin menuntaskan kewajibannya yang enggak bisa diwakilkan," ujar Aan.

Baca juga : Puncak Arus Balik , InJourney Airports Siaga Layani 24 Jam di 37 Bandara

Menurutnya berdasarkan hasil pemantauan, setelah melewati arus KM 62 lalu lintas lancar, terjadi perlambatan di bawah fly over yang disebabkan bottle neck. Kemudian dilakukan penutupan di rest area 52 untuk mengurai kepadatan. Dan setelah KM 52 sampai dengan jalanan Jakarta lancar.

“Setelah (km) 62 tadi cukup lancar, deras kemudian, ada bottle neck di bawah-bawah fly over terjadi perlambatan, kemudian rest area 52 kita tutup ya ini juga terjadi perambatan selebihnya setelah setelah (km) 52 jadi lancar sampai ke Jakarta," ujar Aan.

Saat berpatroli, Aan sempat berinteraksi langsung dengan pengemudi yang sedang beristirahat di bahu jalan

Baca juga : Puncak Arus Balik Di Bandara AP II Diprediksi Terjadi Besok

Ia mengarahkan pengendara tersebut untuk ke rest area atau keluar exit  tol terdekat dan beristirahat di arteri, serta tidak memaksakan berkendara saat kelelahan.

"Kami mengimbau masyarakat kepada para pemudik mungkin sudah lelah ya perjalanan jauh dari Jawa ke Jakarta tapi tolong jangan berhenti di bahu jalan ya silakan masuk rest area atau keluar exit tol terdekat," tegas Aan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.